Thursday, November 6, 2014

Pilih Zenfone 5 Atau Galaxy Core 2? Ini Jawabannya

Foto: Asus dan Samsung
Teknoworld - Smartphone Zenfone 5 dari Asus kini tengah 'naik daun' berkat spesifikasinya yang mumpuni tapi harganya murah. Samsung pun baru-baru ini mulai menjual smartphone Galaxy Core 2 yang menyasar segmen menengah kebawah atau middle-end. Mana yang lebih bagus?

Teknoworld akan membandingkannya untuk seluruh Sobat Tekno yang masih bingung apakah harus memilih Asus Zenfone 5 atau Samsung Galaxy Core 2.

Follow Twitter @Teknoworld_ Like Facebook Teknoworldsite dan YouTube TeknoworldTV

1. Asus Zenfone 5


Smartphone ini hadir dengan layar IPS 5 inch beresolusi 720p yang membuat layar nambak lebih detail. Layar besar ini cocok untuk pencinta multimedia seperti menonton film maupun bermain game. Desainnya terbilang cukup premium, terlebih dibagian bawah layarnya yang mirip laptop Zenbook dari Asus. Dimensinya 148.2 x 72.8 x 10.34 mm dengan berat 145 g.

Spesifikasinya terbilang tinggi, sebut saja prosesor dual-core dari Intel Atom Z2560 berkecepatan 1.6GHz yang juga memiliki fitur Hyperthreading yang melipatgandakan jumlah core prosesor (dual-core menjadi quad-core).

RAM dari smartphone ini berkapasitas 2GB, memori internal 8GB, dan dilengkapi dengan slot microSD hingga 64GB. Dengan spesifikasi hardware ini, smartphone ini mampu untuk bermain game HD sekelas Asphalt 8, dan multitasking berkat prosesor dan RAMnya yang berkapasitas tinggi.

Untuk kameranya, terdapat kamera utama 8MP dengan aperture f/2.0, LED flash, serta autofocus. Kamera depannya beresolusi cukup besar yaitu 2MP. Kamera Asus Zenfone 5 ini sudah memiliki fitur PixelMaster yang terdapat sejumlah fitur-fitur kamera yang membantu seperti Mode Low‐light, Mode Selfie, Time Rewind, Depth of Field, hingga Image Stabilization.

Asus Zenfone 5 memakai sistem operasi Android 4.3 Jelly Bean yang saat ini sudah bisa diupgrade ke Android 4.4 KitKat bahkan beredar kabar Zenfone 5 juga akan mendapatkan Android 5.0 Lolipop pada tahun 2015 mendatang. Tampilannya sudah 'dipoles' dengan tampilan Asus ZenUI yang juga dipakai pada Zenfone 4, dan Zenfone 6.

Terdapat koneksi 3G HSDPA, WiFi, Bluetooth 4.0, GPS + GLONASS, microUSB, dan USB On-the-Go (harus update software terlebih dahulu). Asus memberikan sesuatu yang spesial untuk smartphone ini dengan speaker berteknologi Sonic Master yang diklaim memberikan suara yang lebih jernih. Baterainya berkapasitas 2110 mAh.

2. Samsung Galaxy Core 2



Smartphone ini adalah penerus dari Galaxy Core, smartphone Android dengan prosesor dual-core paling termurah Samsung waktu itu. Galaxy Core 2 mempunyai layar sebesar layar 4,5 inch beresolusi HVGA. Galaxy Core 2 mempunyai dimensi 130.3 x 68 x 9.8 mm dengan berat 138 g.

Ada peningkatan pada segi prosesornya dibandingkan Galaxy Core yaitu prosesor quad-core 1.2GHz. Sayangnya, RAM Galaxy Core 2 berkapasitas "nanggung" yang hanya 768MB saja yang lebih kecil dibandingkan Galaxy Core yang berkapasitas 1GB. Memori internalnya seluas 4GB, dan kalau masih kurang terdapat slot microSD hingga 64GB.

Dengan spesifikasi ini, Galaxy Core 2 sanggup melakukan multitasking namun tak semampu Asus Zenfone 5, serta untuk bermain game yang sedikit ringan seperti Despicable Me. Asphlat 8 sebenarnya juga masih sanggup dijalankan, asalkan tidak begitu banyak aplikasi yang sedang dibuka.

Untuk fotografinya, Galaxy Core 2 hanya dilengkapi dengan kamera belakang 5MP dengan lampu flash dan Autofocus, serta kamera depan beresolusi VGA. OS Android 4.4 KitKat yang dipadu dengan tampilan TouchWiz dipakai di Galaxy Core 2.

Untuk koneksinya, terdapat HSPA+, WiFi, Bluetooth 4.0, USB 2.0, dan GPS + GLONASS. Baterainya sendiri berkapasitas 2000 mAh. Ada 2 pilihan warna yaitu hitam dan putih.

Kesimpulan

Bagi Sobat Tekno yang menginginkan smartphone dengan layar yang besar untuk menonton film, membaca buku atau PDF, bermain game, memori dan kapasitas yang lebih besar, banyaknya konektivitas, serta fotografi dan selfie, Asus Zenfone 5 lebih cocok untuk dibeli.

Tapi bagi Sobat Tekno yang tidak begitu suka dengan smartphone berlayar besar, tidak terlalu mementingkan besarnya resolusi kamera, serta penggunaannya yang biasa-biasa saja seperti sosial media, chatting, bermain game dengan kualitas ringan, serta e-mail, Samsung Galaxy Core 2 lebih cocok.

Harga:

- Asus Zenfone 5: Rp 2,3 juta
- Samsung Galaxy Core 2: Rp 2 juta

Selamat memilih!

Written by

Founder Teknoworld dan Author di WinPoin.com yang suka banget dengan info teknologi paling terbaru Mau tanya-tanya atau ngobrol? Cukup follow Twitter @indrakrisnadi

0 komentar:

Post a Comment

Peraturan Komentar:

1. Dilarang mengucapkan kata-kata kasar.
2. Dilarang mengucapkan kata-kata yang berbau Pornografi dan SARA.
3. Dilarang saling menghina user/pengguna yang berkomentar.
4. Diharapkan tidak berkomentar diluar topik atau Out Of Topic (OOT).
5. Dilarang keras melakukan promosi barang ataupun jasa. Teknoworld bukanlah Forum Jual Beli.
6. Dilarang menulis "LINK HIDUP" pada komentar.
6. Bila masih ada yang melanggar, maka komentar akan DIHAPUS

Teknoworld berhak untuk meninjau komentar yang masuk. Jika dinilai tidak layak dan tidak pantas, maka komentar akan DIHAPUS. Peraturan dapat berubah sewaktu-waktu

Kunjungi Teknoworld untuk mendapatkan update seputar berita teknologi.

© 2012-2015 Teknoworld | The Indonesian Tech Portal. All rights resevered |