Saturday, February 2, 2013

BlackBerry 10 Bisa "Hidup" Tanpa BIS

CEO RIM, Thorsten Heins meluncurkan Handset BlackBerry Z10 dan Q10 (Foto: The Verge)
Teknoworld - Selama ini, jika untuk mengakses BBM, Internet atau mendownload aplikasi dari App World maka kita membutuhkan paket BlackBerry Internet Service (BIS). Namun di BlackBerry 10, Internet dapat dilakukan tanpa paket BIS.

Dikutip dari Kompas, BlackBerry 10 dapat terkoneksi dengan Internet dengan menggunakan Paket Data Kuota atau Unlimited reguler yang disediakan oleh Operator. Sistem ini juga dilakukan di Android, iOS, dan Windows Phone.

"BlackBerry 10 itu seperti smartphone pada umumnya. Cukup langganan data dari operator, semua internet sudah jalan, termasuk untuk BBM-an," Kata Joy Wahyudi, Direktur Pemasaran XL Axiata.

Sayangnya, menurut Division Head Device Bundling and Customization Strategy Telkomsel Arief Pradetya, pengguna ponsel BlackBerry lawas yang menggunakan OS versi 7 atau di bawahnya harus menggunakan layanan BIS untuk berselancar internet, e-mail, BBM, hingga jejaring sosial.

Dengan adanya perbedaan ini, Operator dan pihak BlackBerry harus memberikan edukasi kepada pengguna Smartphone BlackBerry dengan adanya perbedaan sistem ini.

BlackBerry 10 sendiri merupakan sistem operasi yang benar-benar baru dan 1 baris kode-pun tidak sama dengan OS BlackBerry sebelumnya. BlackBerry 10 dibangun dengan kernel dari QNX yang telah diguakan di berbagai industri otomotif, pesawat militer hingga pembangkit nuklir.

Pada 30 Januari 2013, BlackBerry (Dahulu RIM) telah resmi mengumumkan BlackBerry 10 dan 2 Smartphone yang berbasis BlackBerry 10 yaitu BlackBerry Z10 dan Q10. 70 Ribu aplikasi-pun mengiringi peluncuran BlackBerry 10.

Kabar yang Teknoworld terima, beberapa operator seperti Telkomsel, Indosat dan XL akan membundling BlackBerry 10 sekitar akhir Februari ini atau pada Maret.

Sumber: Kompas

Ikuti Liputan Seputar BlackBerry 10 di Lipsus BlackBerry 10

Written by

Founder Teknoworld dan Author di WinPoin.com yang suka banget dengan info teknologi paling terbaru Mau tanya-tanya atau ngobrol? Cukup follow Twitter @indrakrisnadi

7 komentar:

  1. Numpang nyimak aja ya gan soalnya gak punya BB hehehe...
    Maksih kunjungan n supportnya

    ReplyDelete
  2. Wah iya nambahin bang, alexa-nya udah saya review balik silahkan dicek dan mudah2an cepet naik peringkatnya

    ReplyDelete
  3. @Faizal Indra Kusuma: Sengaja menggunakan singkatannya agar lebih pendek judul-nya.

    @Aditya Putra: Ya, sama-sama untuk Review dan Kunjungan baliknya. Amin, mudah-mudahan bisa cepat naik peringkatnya.

    ReplyDelete
  4. Wahhhh, bingung juga nih mau komentar apa. Sebab saya pun kebetulan tidak memiliki BB. :(

    Oh ya, btw gimana sih Sob caraya agar dapat diterima IBN? Pernah sekali saya coba daftar, tapi karena gak punya email rekomendasi akhirnya ditolak.

    ReplyDelete
  5. @Ayahe Mela: Sebenarnya kalau tanpa E-mail Rekomendasi bisa diterima contohnya Saya. Hanya saja waktunya lebih lama hingga berbulan bulan bahkan pihak IBN-nya sendiri memasang kalau proses-ya bisa 4-6 Bulan. Tapi kalau saya lihat blog sobat, sepertinya memang tidak melanggar TOS.

    ReplyDelete
  6. bb storm 2 udah bisa belum?

    Saya sudah daftar paket internet di hp lain..mau di pake ke bb nggak bisa

    ReplyDelete

Peraturan Komentar:

1. Dilarang mengucapkan kata-kata kasar.
2. Dilarang mengucapkan kata-kata yang berbau Pornografi dan SARA.
3. Dilarang saling menghina user/pengguna yang berkomentar.
4. Diharapkan tidak berkomentar diluar topik atau Out Of Topic (OOT).
5. Dilarang keras melakukan promosi barang ataupun jasa. Teknoworld bukanlah Forum Jual Beli.
6. Dilarang menulis "LINK HIDUP" pada komentar.
6. Bila masih ada yang melanggar, maka komentar akan DIHAPUS

Teknoworld berhak untuk meninjau komentar yang masuk. Jika dinilai tidak layak dan tidak pantas, maka komentar akan DIHAPUS. Peraturan dapat berubah sewaktu-waktu

Kunjungi Teknoworld untuk mendapatkan update seputar berita teknologi.

© 2012-2015 Teknoworld | The Indonesian Tech Portal. All rights resevered |