Thursday, September 19, 2013

BBM Di Android dan iOS Harus Pakai BIS?

Ilustrasi BBM (Foto: BlackBerry)
Teknoworld - Setelah hadirnya layanan pesan instan BlackBerry Messenger di Android dan iOS, banyak menimbulkan pertanyaan salah satunya apakah BBM untuk Android dan iOS harus menggunakan paket BIS?

Paket BIS atau BlackBerry Internet Service sendiri adalah paket yang digunakan untuk menikmati layanan BBM (serta layanan lain yang membutuhkan fitur internet) pada smartphone BlackBerry.

Folow Twitter Teknoworld: @Teknoworld_ dan Like Facebook: facebook.com/Teknoworldsite

Jawabannya adalah tidak perlu. Pengguna BBM untuk Android dan iOS ini tidak memerlukan paket BIS yang selama ini digunakan oleh pengguna BlackBerry melainkan menggunakan paket data regular yang telah disediakan berbagai operator baik GSM maupun CDMA.

Berbagai operator juga menyediakan berbagai pilihan paket dengan penggunaan yang tak terbatas (unlimited) dengan harga dimulai Rp 5000 (harian) hingga ratusan ribu rupiah (bulanan).

Pengguna BBM untuk Android dan iOS ini sebenarnya dapat menikmati seluruh fitur tersebut tanpa paket data regular tersebut namun disarankan menggunakan paket karena selain lebih hemat, konsumsi data juga lebih terkontrol. Khusus bagi pengguna BBM yang ingin menikmati fitur yang ada di BBM untuk Android dan iOS secara terus-menerus, lebih disarankan menggunakan paket unlimited.

BBM untuk Android dan iPhone ini memiliki fitur yang hampir sama dengan BBM yang ada pada BlackBerry seperti Chatting, berbagi foto dan Voice notes, serta membuat BBM Group. Tak ketinggalan, PIN juga akan diberikan ketika pengguna BBM untuk Android dan iOS melakukan pendaftaran.

BBM di Android sudah bisa didownload di Indonesia pada Sabtu (21/9/2013) pukul 18.00 WIB sedangkan di iPhone sudah bisa didownload pada Minggu (22/9/2013) pukul 18.00 WIB.

BBM untuk Android dan iOS ini hanya bisa dinikmati oleh pengguna OS Android dengan versi 4.0 Ice Cream Sandwich atau keatasnya dan iPhone dengan iOS 6 atau keatasnya. Dan BBM ini dapat didownload tanpa dipungut biaya alias gratis.

Ikuti perkembangan hadirnya BBM di Android dan iPhone, klik disini

Written by

Founder Teknoworld dan Author di WinPoin.com yang suka banget dengan info teknologi paling terbaru Mau tanya-tanya atau ngobrol? Cukup follow Twitter @indrakrisnadi

18 komentar:

  1. @Distro-kayu.com: Kemungkinan bisa, seperti halnya WhatsApp.

    ReplyDelete
  2. Kalau selalu timbul peringatan tidak ada jaringan internet atau koneksi bermasalah kenapa tuh?
    Padahal udah ikut paket bbm

    ReplyDelete
  3. Kalau selalu timbul peringatan tidak ada jaringan internet atau koneksi bermasalah kenapa tuh?
    Padahal udah ikut paket bbm

    ReplyDelete
  4. @Inferno Hermosa: Kalau untuk BB coba ditanyakan pada operator selular yang dipakai. Tapi kalau di Android, Server BB masih ditutup sehingga kalau ingin menggunakan BBM yang bocor, tidak bisa dipakai dan akan di re-direct ke situs bbm.com

    ReplyDelete
  5. @Richo Fernando: Nantinya bisa didownload di Google Play secara gratis. Untuk yang bocor, sebaiknya tidak diinstal karena tidak bisa digunakan karena server BlackBerry yang masih mengalami masalah terlebih BlackBerry akan memblokir versi yang bocor tersebut.

    ReplyDelete
  6. Knp saya ngga bisa download bbm ya pdhl hp saya udh android jelly bean? Stiap mw download psti ada tulisan ' your device isn't compatible with this app' gitu ktanya. Kenapa ya?

    ReplyDelete
  7. @irma noviani: Memang ada beberapa HP yang sudah mengadopsi OS Android 4.0 dan keatasnya tidak bisa. Solusinya dengan mendownload apk BBM Android tsb dengan nomor versi 1.0.0.70.

    ReplyDelete
  8. Sampai saat ini xperia gue blg no connection found kalo pke pket data
    Gmana critanya tuh?

    ReplyDelete
  9. @romeoismyname: Di bagian bawah mmuncul tulisan close, sentuh saja lalu coba kembali. BBM bisa digunakan di jaringan WiFi, jadi kalau ada jaringan WiFi disekitar bisa digunakan untuk BBM-an.

    ReplyDelete
  10. @Dhiyya Shiffa Ramadhana: Maaf, maksud dari itu adalah BBM juga dapat digunakan dijaringan WiFi. Jadi jika melalui koneksi data operator mengalami No Connection, bisa menggunakan koneksi WiFi.

    ReplyDelete
  11. terus kalo dari operatornya no connection itu karna apa? padahal internet dh d.paketin. searching bisa, maen game online bisa cm bbm aja gk bisa. gmn tuh?

    ReplyDelete
  12. saya pake simpati..jadi ngga usah brlngganan bbm gan...pilih paket flash aj bisa ngga?

    ReplyDelete
  13. @sulis suliantoro: Coba diupdate BBM-nya ke versi terbaru yaitu 1.0.0.72. Kemungkinan itu Bug karena banyak pengguna BBM untuk Android yang mengalami hal yang serupa.

    @iwan diatama: Ya, bisa pakai paket Flash. Tidak perlu paket BIS.

    ReplyDelete
  14. pny ane mlh gk bisa invite pst ggl trus
    itu knp y gan..

    ReplyDelete
  15. @heri subila: Coba menggunakan koneksi lain seperti WiFi atau menggunakan operator lain. Jika tidak bisa, re-instal BBM yang digunakan.

    ReplyDelete
  16. Kirimin saya link apk donk
    Saya pake tablet lenovo A1000

    ReplyDelete

Peraturan Komentar:

1. Dilarang mengucapkan kata-kata kasar.
2. Dilarang mengucapkan kata-kata yang berbau Pornografi dan SARA.
3. Dilarang saling menghina user/pengguna yang berkomentar.
4. Diharapkan tidak berkomentar diluar topik atau Out Of Topic (OOT).
5. Dilarang keras melakukan promosi barang ataupun jasa. Teknoworld bukanlah Forum Jual Beli.
6. Dilarang menulis "LINK HIDUP" pada komentar.
6. Bila masih ada yang melanggar, maka komentar akan DIHAPUS

Teknoworld berhak untuk meninjau komentar yang masuk. Jika dinilai tidak layak dan tidak pantas, maka komentar akan DIHAPUS. Peraturan dapat berubah sewaktu-waktu

Kunjungi Teknoworld untuk mendapatkan update seputar berita teknologi.

© 2012-2015 Teknoworld | The Indonesian Tech Portal. All rights resevered |