Thursday, May 31, 2012

SMS Interkoneksi Resmi Diberlakukan Malam Ini

Ilustrasi
Teknoworld - Menkominfo Tifatul Sembiring menyatakan bahwa mulai tanggal 31 Mei 2012 pukul 23.59.59 pemerintah menetapkan interkoneksi SMS mulai diberlakukan dan biaya terminasi SMS antaroperator sebesar Rp 23 per SMS.

Biaya terminasi adalah biaya yang harus ditanggung operator pengirim SMS kepada operator penerima, karena telah menggunakan jaringan operator penerima. Landasan hukum dari kebijakan ini adalah UU 36/1999 tentang telekomunikasi dan PM 08/2006 tentang interkoneksi.


Adapun menurut Tifatul, di sisi konsumen pengguna, tidak otomatis tarif SMS menjadi naik. Karena tergantung kepada strategi bisnis masing-masing operator. "Mereka mau terus gratiskan silakan saja, pemerintah tidak menetapkan tarif retail per-SMS-nya. Yang kita atur biaya terminasi antaroperator, agar adil bagi seluruh penyelenggara", ujar Tifatul. 

Lebih lanjut Menkominfo menjelaskan, bahwa sistem SKA (sender keep all) yang berlaku selama ini telah menciptakan iklim usaha telekomunikasi yang kurang sehat. Contohnya, ujar Tifatul, antar penyelenggara terjadi perang promosi SMS, gratis SMS, sekilas menarik. 

Lantas pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab menggunakan fasilitas ini yg justru merugikan orang lain, seperti SMS Spam, penipuan, cyber crime dan lain-lain. Bahkan penyelenggara sendiri sangat dirugikan sebab trafik tinggi, tapi pendapatan tidak ada. Akibatnya mutu pelayanan konsumen rendah sekali. 

"Kebijakan ini sudah disosialisasikan kepada para operator sejak akhir tahun 2011 lalu. Termasuk Askitel, mereka sudah sepakat dengan format ini", ungkap Tifatul. Namun Tifatul tidak menampik kemungkinan operator menghapus layanan SMS gratis, karena komponen biaya SMS terdiri dari 3 unsur: 1. Biaya terminasi 2. Biaya aktifitas retail 3. Profit operator. 

"Jadi operator mau tetapkan biaya Rp 50/SMS atau Rp 100/SMS atau bahkan gratis, itu strategi mereka. Kan pemasukan operator yang lain baik voice maupun internet masih besar", pungkas Tifatul.
-------------------------------------------------------------------


Teknoworld - Namun apakah hari ini SMS dinyatakan sudah tidak gratis? Sepertinya 50:50 jawabannya.
Kami melakukan Test SMS ke seseorang namun kami masih mendapati Notifikasi SMS Gratis tersebut.


SC20120601-073317

Test tersebut kami lakukan Hari Ini (01/06) Pukul 07.33 WIB, dan kami mencoba mengirim SMS lagi namun Notifikasi itu tidak Muncul hingga akhirnya kami mendapatkan Notifikasi bahwa telah mengirim 5 SMS.

Written by

Founder Teknoworld dan Author di WinPoin.com yang suka banget dengan info teknologi paling terbaru Mau tanya-tanya atau ngobrol? Cukup follow Twitter @indrakrisnadi

7 komentar:

  1. tapi sampai detik ini masih gratis toh....

    ReplyDelete
  2. blog agan, udh ane follow, foll back ya gan.,

    ReplyDelete
  3. @ALL :Setidaknya itu akan menurunkan jumlah SMS Spam...
    Saya sangat benci dengan SMS Spam yang kerap dikirim Teman saya...

    ReplyDelete
  4. mau melubangi kantong dompet anak muda rupanya
    haha

    Tpi yasudahlah demi kebaikan qt bersama :)
    wkwkwk

    ReplyDelete

Peraturan Komentar:

1. Dilarang mengucapkan kata-kata kasar.
2. Dilarang mengucapkan kata-kata yang berbau Pornografi dan SARA.
3. Dilarang saling menghina user/pengguna yang berkomentar.
4. Diharapkan tidak berkomentar diluar topik atau Out Of Topic (OOT).
5. Dilarang keras melakukan promosi barang ataupun jasa. Teknoworld bukanlah Forum Jual Beli.
6. Dilarang menulis "LINK HIDUP" pada komentar.
6. Bila masih ada yang melanggar, maka komentar akan DIHAPUS

Teknoworld berhak untuk meninjau komentar yang masuk. Jika dinilai tidak layak dan tidak pantas, maka komentar akan DIHAPUS. Peraturan dapat berubah sewaktu-waktu

Kunjungi Teknoworld untuk mendapatkan update seputar berita teknologi.

© 2012-2015 Teknoworld | The Indonesian Tech Portal. All rights resevered |