Monday, June 30, 2014

Microsoft Ubah Nama Nokia dan Surface

Ilustrasi (Foto: Google)
Teknoworld - Divisi Device and Service Nokia kini resmi berada ditangan raksasa software dunia, Microsoft setelah merampungkan pembeliannya pada bulan April 2014 lalu. Kini Microsoft digosipkan tengah menyiapkan nama baru pada smartphone yang dibuatnya.

Bocoran ini datang dari "raja pembocor" Evleaks. Evleaks mengatakan Microsoft berada dalam tahap akhir untuk kesepakatan lisensi penggunaan nama Nokia. Kabarnya, Microsoft akan menggunakan nama "Nokia by Microsoft" pada ponsel buatannya.

Follow Twitter @Teknoworld_ Like Facebook Teknoworldsite dan YouTube TeknoworldTV

Evleaks juga membocorkan bahwa nama Surface yang digunakan Microsoft pada perangkat tabletnya akan diganti dengan nama Lumia. Nama Lumia sendiri dikenal sebagai seri smartphone Windows Phone dan tablet Windows dari Nokia.

Seperti yang diberitakan beberapa waktu lalu, Microsoft membeli divisi Device and Service alias divisi ponsel Nokia sebesar € 5,44 Miliyar ($ 7,2 Miliyar atau sekitar Rp 83,3 Triliun) dengan rincian bisnis Nokia senilai € 3,79 Miliyar ($ 5 Miliyar atau sekitar Rp 57,8 Triliun) dan € 1,65 Miliyar ($ 2,2 Milyar atau sekitar Rp 25,4 Triliun) untuk lisensi paten yang dimiliki Nokia untuk membeli Device and Service Nokia.

Sementara itu, nama Device and Service Nokia akan diubah menjadi Microsoft Mobile Oy. Microsoft Mobile Oy akan mengembangkan, memproduksi, dan mendistribusikan smartphone Lumia, Nokia X, Asha dan ponsel lainnya.

Oy sendiri merupakan bahasa Finlandia yaitu Osakeyhtiö yang artinya merupakan perusahaan yang sahamnya tidak dimiliki oleh publik. Oy sama dengan Ltd. atau Limited dalam bahasa Inggris.

Dengan resmi dibelinya divisi ponsel Nokia oleh Microsoft, maka kini resmi Nokia tak membuat ponsel lagi dan akan fokus pada layanan navigasi Nokia Here, infrastruktur jaringan Nokia Solutions Network dan Advanced Technologies.

Written by

Founder Teknoworld dan Author di WinPoin.com yang suka banget dengan info teknologi paling terbaru Mau tanya-tanya atau ngobrol? Cukup follow Twitter @indrakrisnadi

2 komentar:

  1. @Ari Nurcahya: Hanya ditambahkan "by Microsoft" saja, mungkin sebagai tambahan informasi juga bahwa divisi ponsel Nokia sudah dibeli Microsoft.

    ReplyDelete

Peraturan Komentar:

1. Dilarang mengucapkan kata-kata kasar.
2. Dilarang mengucapkan kata-kata yang berbau Pornografi dan SARA.
3. Dilarang saling menghina user/pengguna yang berkomentar.
4. Diharapkan tidak berkomentar diluar topik atau Out Of Topic (OOT).
5. Dilarang keras melakukan promosi barang ataupun jasa. Teknoworld bukanlah Forum Jual Beli.
6. Dilarang menulis "LINK HIDUP" pada komentar.
6. Bila masih ada yang melanggar, maka komentar akan DIHAPUS

Teknoworld berhak untuk meninjau komentar yang masuk. Jika dinilai tidak layak dan tidak pantas, maka komentar akan DIHAPUS. Peraturan dapat berubah sewaktu-waktu

Kunjungi Teknoworld untuk mendapatkan update seputar berita teknologi.

© 2012-2015 Teknoworld | The Indonesian Tech Portal. All rights resevered |