Tuesday, November 18, 2014

Nokia Luncurkan Tablet Android Pertamanya, Nokia N1

Nokia N1, tablet Android pertama dari Nokia (Foto: Nokia)
Teknoworld - Langkah awal Nokia kembali berbisnis perangkat gadget bukanlah sebuah smartphone, melainkan sebuat tablet. Nokia akhirnya resmi meluncurkan tablet berbasis Android pertamanya, Nokia N1 dalam acara konferensi Slush 2014 di Finlandia, Selasa (18/11/2014).

Tablet Nokia N1 didesain dan dibuat oleh divisi Nokia Technologies. Tablet Android pertama Nokia ini mempunyai desain yang mirip dengan tablet iPad mini dari Apple, termasuk sisi-sisi yang melingkarnya. Nokia N1 memakai bahan anodized aluminium.

Follow Twitter @Teknoworld_ Like Facebook Teknoworldsite dan YouTube TeknoworldTV

Layar Nokia N1 juga berukuran sama dengan iPad mini yaitu 7.9 inch dengan resolusi yang sama pula yaitu 2048 x 1536 pixel, yang sudah dilapisi dengan Gorilla Glass 3 dan memakai teknologi layar IPS. Meskipun desainnya hampir sama, ternyata Nokia N1 lebih tipis dibandingkan iPad mini yaitu 6.9mm, sedangkan tebal iPad mini adalah 7.5mm.

Nokia memberikan spesifikasi yang tidak tanggung-tanggung bagi tablet pertamanya ini. Prosesor quad-core 64-bit dari Intel Atom Z3580 2.3 GHz, RAM 2GB, serta memori internal 32GB. Sayangnya, tablet ini tidak dibekali dengan slot memori eksternal microSD.

Kamera utamanya beresolusi 8MP dilengkapi dengan fitur autofocus dan kamera depannya beresolusi 5MP yang cukup baik untuk berfoto diri sendiri atau selfie. Untuk baterainya, tablet Nokia N1 memakai baterai berkapasitas 5300 mAh yang diklaim mampu bertahan hingga 9 jam.

Nokia N1 juga sudah memakai sistem operasi Android paling terbaru, 5.0 Lolipop yang tanpa kustominasi. Launcher Android buatan Nokia, Z Launcher juga hadir secara eksklusif pada tablet ini, sayangnya pengguna Nokia N1 tidak bisa memilih disable atau menunduh launcher lain.

Tersedia pilihan koneksi Wi-Fi, Bluetooth 4.0, dan USB type-C pada tablet Nokia N1.

Dikutip dari The Verge, Nokia berkerjasama dengan Foxconn untuk merakit tablet Nokia N1, memberikan lisensi penggunaan nama Nokia, dan Z Launcher.

Ada dua pilihan warna Nokia N1 yaitu Natural Aluminum dan Lava Grey. Nokia mengatakan tablet Nokia N1 akan mulai dijual di Tiongkok setelah Tahun Baru Imlek yang dilaksanakan pada 19 Febuari 2015 mendatang dengan harga $ 249 atau sekitar Rp 3 juta. Setelah itu, barulah Nokia memasarkan Nokia N1 di Rusia dan negara di Eropa lainnya.

Sayangnya, belum diketahui apakah tablet Nokia N1 akan turut dijual Nokia di Indonesia atau tidak.

Tablet ini menjadi perangkat Nokia pertama setelah nama Nokia dihilangkan dari smartphone Lumia yang kini menjadi Microsoft Lumia setelah divisi ponsel Nokia telah dibeli dan menjadi milik Microsoft.

Sumber: The Verge

Written by

Founder Teknoworld dan Author di WinPoin.com yang suka banget dengan info teknologi paling terbaru Mau tanya-tanya atau ngobrol? Cukup follow Twitter @indrakrisnadi

0 komentar:

Post a Comment

Peraturan Komentar:

1. Dilarang mengucapkan kata-kata kasar.
2. Dilarang mengucapkan kata-kata yang berbau Pornografi dan SARA.
3. Dilarang saling menghina user/pengguna yang berkomentar.
4. Diharapkan tidak berkomentar diluar topik atau Out Of Topic (OOT).
5. Dilarang keras melakukan promosi barang ataupun jasa. Teknoworld bukanlah Forum Jual Beli.
6. Dilarang menulis "LINK HIDUP" pada komentar.
6. Bila masih ada yang melanggar, maka komentar akan DIHAPUS

Teknoworld berhak untuk meninjau komentar yang masuk. Jika dinilai tidak layak dan tidak pantas, maka komentar akan DIHAPUS. Peraturan dapat berubah sewaktu-waktu

Kunjungi Teknoworld untuk mendapatkan update seputar berita teknologi.

© 2012-2015 Teknoworld | The Indonesian Tech Portal. All rights resevered |