Thursday, October 16, 2014

Android 5.0 Lolipop Punya Desain Baru Dan Dukung Prosesor 64-bit

Ilustrasi Android 5.0 Lolipop (Foto: Google)
Teknoworld - Diumumkan pada pertengahan tahun 2014 lalu, Google resmi meluncurkan sistem operasi Android versi terbaru, Android 5.0 Lolipop yang mengusung desain baru serta dukungan prosesor 64-bit.

Sebelumnya, pada pengumumannya diajang Google I/O 2014 lalu, versi Android ini disebut sebagai Android L, tanpa disebutkan codename-nya.

Follow Twitter @Teknoworld_ Like Facebook Teknoworldsite dan YouTube TeknoworldTV

Android 5.0 Lolipop mempunyai desain yang baru yang disebut Google "Material Design". Tampilan ini menawarkan tampilan yang mengusung flat yang lebih fresh, dan tampilan multitasking baru. Tampilan yang serupa juga ditemukan pada seluruh perangkat Android.

Material Design ini juga akan hadir diseluruh aplikasi dari Google termasuk aplikasi jejaring sosial Google+.

Android Lolipop juga mempunyai Notification Control, fitur Power Saving yang dapat menghemat baterai hingga 90 menit dibandingkan versi terdahulu, dan peningkatan multiple user account. Fitur baru lainnya adalah fitur Guest Mode yang berguna ketika seseorang ingin meminjam perangkat Android yang dipakai. Fitur ini sejatinya lebih dulu ada sebagai bagian dari fitur yang ditawarkan smartphone LG G2 yang dirilis tahun 2013 lalu.

Dari segi keamanan, Android Lolipop mempunyai fitur keamanan yang lebih baik di koneksi Bluetooth, serta melakukan factory reset jika perangkat Android yang dipakai dicuri seseorang.

Android Lolipop juga sudah mendukung prosesor dengan komputasi 64-bit baik untuk prosesor dengan arsitektur ARM, x86, maupun MIPS. Aplikasi seperti Chrome, Gmail, Calendar, Google Play Music, dan lainnya juga akan mendukung 64-bit.

Versi terbaru dari Android ini lebih ramah dengan perintah suara, salah satunya adalah dapat menampilkan berbagai informasi hanya dengan mengatakan "OK Google" ketika layar perangkat mati.

Android 5.0 Lolipop dipakai pada Nexus 6, Nexus 9, dan Nexus Player dan Google mengatakan update Android 5.0 Lolipop ini  hadir untuk smartphone Nexus 4, Nexus 5, serta tablet Nexus 7 dan Nexus 10.

Smartphone dengan Google Play Edition juga kebagian Android Lolipop dalam beberapa minggu kedepan.

Sumber: The Verge

Written by

Founder Teknoworld dan Author di WinPoin.com yang suka banget dengan info teknologi paling terbaru Mau tanya-tanya atau ngobrol? Cukup follow Twitter @indrakrisnadi

0 komentar:

Post a Comment

Peraturan Komentar:

1. Dilarang mengucapkan kata-kata kasar.
2. Dilarang mengucapkan kata-kata yang berbau Pornografi dan SARA.
3. Dilarang saling menghina user/pengguna yang berkomentar.
4. Diharapkan tidak berkomentar diluar topik atau Out Of Topic (OOT).
5. Dilarang keras melakukan promosi barang ataupun jasa. Teknoworld bukanlah Forum Jual Beli.
6. Dilarang menulis "LINK HIDUP" pada komentar.
6. Bila masih ada yang melanggar, maka komentar akan DIHAPUS

Teknoworld berhak untuk meninjau komentar yang masuk. Jika dinilai tidak layak dan tidak pantas, maka komentar akan DIHAPUS. Peraturan dapat berubah sewaktu-waktu

Kunjungi Teknoworld untuk mendapatkan update seputar berita teknologi.

© 2012-2015 Teknoworld | The Indonesian Tech Portal. All rights resevered |