Sunday, July 27, 2014

Jelang Lebaran, Operator Siap Hadapi Lonjakan

Ilustrasi menara Base Transceiver Station (BTS) (Foto: craneilcrafts.com)
Teknoworld - Jelang Hari Raya Idul Fitri atau Lebaran tahun 2014, operator telekomunikasi menyatakan kesiapannya menyambut Hari Raya tersebut yang biasanya terjadi lonjakan trafik telepon, SMS, dan Internet.

Beberapa operator tersebut memperkuat kapasitas dan kualitas jaringannya agar tidak terjadi jaringan down, diantaranya adalah Indosat, Telkomsel, dan XL Axiata.

Follow Twitter @Teknoworld_ Like Facebook Teknoworldsite dan YouTube TeknoworldTV

Operator Indosat, telah menyiapkan kapasitas untuk layanan telepon sebesar 1,08 miliar menit percakapan per hari atau 18 juta Erlang per hari. Disiapkan juga kapasitas layanan SMS sebanyak 1,45 milyar SMS per hari dan untuk layanan data sebesar 335 Tera Byte per hari.

Division Head Public Relations Indosat, Adrian Prasanto, memperkirakan kenaikan trafik tertinggi akan terjadi pada layanan internet karena banyak pengguna yang memanfaatkan media sosial dan pesan instan untuk berkomunikasi pada saat Lebaran.

"Kami menyadari bahwa inti silaturahim dalam merayakan Lebaran adalah terjalinnya komunikasi yang baik dan lancar, dan dukungan telekomunikasi yang lancar akan membuat silaturahmi pelanggan kami semakin bermakna,” kata Adrian seperti yang diwartakan oleh Kompas.

Sementara Telkomsel, memprediksi pada Lebaran tahun ini akan mengalami lonjakan trafik dibandingkan trafik normal, yaitu layanan telepon sebesar 2 persen, SMS 14 persen, serta internet sebesar 30 persen.

Vice President Corporate Communications Telkomsel, Adita Irawati mengatakan, pihaknya mengidentifikasi 762 lokasi yang bakal ramai dikunjungi oleh masyarakat, di mana tempat tersebut juga akan mengalami lonjakan trafik internet cukup signifikan seperti bandara, stasiun kereta, tempat ibadah, tempat wisata, dan pusat perbelanjaan.

Untuk mengantisipasinya, lanjut Adita, perusahaan telah menyiapkan 54 BTS bergerak untuk menambahkan 672 BTS bergerak yang sudah ada.

Begitu juga dengan XL Axiata. Dikutip dari Kontan, XL telah melakukan penambahan kapasitas radio sebesar kurang lebih 2 kali lipat di jalur dan daerah tujuan utama mudik. Kapasitas juga ditingkatkan di jaringan Core dan IN.

"XL berupaya menjaga utilisasi jaringan di angka 50%-60%, agar kenyamanan pelanggan tetap terjaga baik," kata Direktur Service Management XL Ongki Kurniawan.

Tak hanya melakukan penambahan kapasitas jaringan saja, XL juga telah melakukan peningkatan kualitas jaringan dengan memasang mobile BTS di 21 jalur mudik dan area-area yang banyak dikunjungi orang. XL juga melakukan optimisasi jaringan, instalasi HD voice, dan penambahan high speed packet access untuk layanan data.

XL juga telah menguji kualitas jaringan di jalur dan lokasi tujuan utama mudik secara berkala sejak sebelum Ramadhan.

Written by

Founder Teknoworld dan Author di WinPoin.com yang suka banget dengan info teknologi paling terbaru Mau tanya-tanya atau ngobrol? Cukup follow Twitter @indrakrisnadi

0 komentar:

Post a Comment

Peraturan Komentar:

1. Dilarang mengucapkan kata-kata kasar.
2. Dilarang mengucapkan kata-kata yang berbau Pornografi dan SARA.
3. Dilarang saling menghina user/pengguna yang berkomentar.
4. Diharapkan tidak berkomentar diluar topik atau Out Of Topic (OOT).
5. Dilarang keras melakukan promosi barang ataupun jasa. Teknoworld bukanlah Forum Jual Beli.
6. Dilarang menulis "LINK HIDUP" pada komentar.
6. Bila masih ada yang melanggar, maka komentar akan DIHAPUS

Teknoworld berhak untuk meninjau komentar yang masuk. Jika dinilai tidak layak dan tidak pantas, maka komentar akan DIHAPUS. Peraturan dapat berubah sewaktu-waktu

Kunjungi Teknoworld untuk mendapatkan update seputar berita teknologi.

© 2012-2015 Teknoworld | The Indonesian Tech Portal. All rights resevered |