Tuesday, June 3, 2014

Apple Luncurkan Sistem Operasi iOS 8

iOS 8, versi terbaru sistem operasi iOS dari Apple (Foto: Apple)
Teknoworld - Perusahaan pembuat iPhone dan iPad, Apple meluncurkan sistem operasi iOS versi terbaru yaitu iOS 8 diajang Worldwide Developer Conference 2014 di San Francisco, Amerika, Selasa, (3/6/2014). Jika dilihat desainnya, iOS 8 tidak begitu banyak perubahan dibandingkan iOS 7 tapi iOS 8 ini memiliki sejumlah fitur baru.

Dikutip dari The Verge, iOS 8 kini memiliki fitur AirDrop yang dapat mengirim file ke komputer Mac dan perangkat iOS lain. AirDrop sendiri merupakan fitur yang akan mengirim file atau konten kepada pengguna iOS lain dengan mendekatkan gadgetnya.

Follow Twitter @Teknoworld_ Like Facebook Teknoworldsite dan YouTube TeknoworldTV

Ada juga fitur Handoff yang akan menampilkan notifikasi pada iPhone dan iPad jika ada sebuah notifikasi pada Mac. Dengan adanya fitur ini, pengguna tidak perlu harus kembali ke depan komputer Mac jika ingin membalas e-mail, cukup melalui iPhone atau iPad.

Selain itu, iOS 8 juga memiliki fitur widget. Tapi tunggu dulu, sebab widget yang ada di iOS 8 tidak terletak pada homescreen seperti pada OS Android atau Symbian, melainkan pada Notification Centre. Dengan widget ini, pengguna iOS 8 dapat mengetahui kondisi cuaca dan saham, update Facebook/Twitter, hingga barang lelang di Ebay.

iOS 8 juga memiliki fitur kesehatan, HealthKit yang dapat membantu pengguna memantau kondisi kesehatan pribadi dan kebugaran pengguna. Terdapat juga fitur keluarga, Family Sharing  yang memungkinkan berbagi pembelian iTunes, juga berbagi kalender, pesan grup, dan sejenisnya. Sobat Tekno juga mendapatkan pemberitahuan jika ada anggota keluarga yang  meminta izin untuk mengakses aplikasi tertentu.

Spotlight search iOS 8 juga telah diperbarui, yang dapat mencari aplikasi yang ada di perangkat, pencarian film, berita, entri Wikipedia, dan berbagai sumber lain juga disertakan. Hasil pencarian dari Spotlight akan langsung menuju ke Wikipedia.

Senior vice president of Software Engineering Apple, Craig Federighi mengatakan, aplikasi Messages merupakan aplikasi yang paling sering digunakan pada iOS. Messages ini kini juga diperbaharui dengan fitur judul thread dan dapat meninggalkan thread jika sudah tidak tertarik untuk mengikutinya. Pesan audio dan video juga dapat ditambahkan, dengan tambahan shortcut di app.

Keyboard iOS 8 juga diperbaharui dengan adanya fitur QuickTime yang mirip dengan keyboard dengan fitur prediksi kata SwiftKey, lengkap dengan fitur Swype yang dapat mengetik dengan melakukan swipe pada huruf yang akan diketik.

Apple juga memperbaharui aplikasi Photos yang kini dapat menampilkan seluruh foto pengguna yang telah diambil di seluruh berbagai perangkat mereka. Selain itu, fitur Touch ID juga terbuka bagi pengembang dan Apple juga mengizinkan developer untuk mengembangkan aplikasi unlock.

Apple juga bermitra dengan penyedia layanan rumah pintar dengan fitur HomeKit, yang akkan mengubah iPhone menjadi sebuah remote control untuk rumah. Peningkatan juga terdapat pada Siri yang kini terintegrasi dengan aplikasi song recognition Shazam, membeli konten di iTunes, dan penambahan 22 bahasa baru yang didukung Siri.

iOS 8 sudah dapat dicoba oleh para pengembang dengan versi beta dan iOS 8 dapat digunakan pada iPhone 4S dan keatas, iPod Touch 5th gen, iPad 2 keatas, serta iPad mini dan keatas.

Written by

Founder Teknoworld dan Author di WinPoin.com yang suka banget dengan info teknologi paling terbaru Mau tanya-tanya atau ngobrol? Cukup follow Twitter @indrakrisnadi

0 komentar:

Post a Comment

Peraturan Komentar:

1. Dilarang mengucapkan kata-kata kasar.
2. Dilarang mengucapkan kata-kata yang berbau Pornografi dan SARA.
3. Dilarang saling menghina user/pengguna yang berkomentar.
4. Diharapkan tidak berkomentar diluar topik atau Out Of Topic (OOT).
5. Dilarang keras melakukan promosi barang ataupun jasa. Teknoworld bukanlah Forum Jual Beli.
6. Dilarang menulis "LINK HIDUP" pada komentar.
6. Bila masih ada yang melanggar, maka komentar akan DIHAPUS

Teknoworld berhak untuk meninjau komentar yang masuk. Jika dinilai tidak layak dan tidak pantas, maka komentar akan DIHAPUS. Peraturan dapat berubah sewaktu-waktu

Kunjungi Teknoworld untuk mendapatkan update seputar berita teknologi.

© 2012-2015 Teknoworld | The Indonesian Tech Portal. All rights resevered |