Thursday, June 26, 2014

Android L, Versi Baru Android Dengan Tampilan Baru

Tampilan homescreen dari versi Android selanjutnya yang diawali dengan huruf "L"
(Foto: The Verge)
Teknoworld - Acara Google I/O yang digelar Google di San Francisco menjadi ajang Google untuk mengumumkan versi baru Android selanjutnya, Android L, Kamis (26/6/2014). Versi baru OS Android ini memiliki tampilan baru.

Dikutip dari The Verge, terdapat 5000 API baru untuk merubah tampilan Android ini, tampilan tersebut dinamakan "Material Design." Desain UInya nampak sederhana, dan ikon-ikonnya memiliki konsep flat. Material Design ini juga akan digunakan Google pada Chrome OS dan website Google.

Follow Twitter @Teknoworld_ Like Facebook Teknoworldsite dan YouTube TeknoworldTV

Pada Android L ini, tampilan aplikasi Gmail diubah dan tiga tombol virtual yang ada dibawah layar juga diubah.

Screenshot tampilan versi Android selanjutnya yang diawali dengan huruf "L"
(Foto: The Verge)
Google Keyboard dan menu quick settings juga diperbaharui dengan penambahan opsi do-not-disturb. Hampir semua aplikasi bawaan dirubah tampilannya, namun hanya terbatas pada aplikasi yang paling banyak digunakan seperti dialer telepon.

Notifikasi juga dirapikan oleh Google,  dengan akses interaktif baru pada lockscreen. Panel notifikasi dan layar kunci pada dasarnya sedang digabungkan Google, dengan tampilan baru yang mirip seperti Google Now cards. Ada juga pemberitahuan drop-down baru yang akan muncul ketika Anda sedang menggunakan perangkat Android yang dinamakan "heads-up" oleh Google.

Dari segi performa, Android L baru menggunakan Android Runtime (ART) yang sebelumnya telah digunakan pada Android 4.4 KitKat. Engineering Director Android, Dave Burke mengklaim performa Android L lebih cepat dua kali lipat dibandingkan versi Android terdahulu yang menggunakan runtime Dalvik.

Google juga merilis Android Extension Pack yang ditujukan untuk meningkatkan grafis dalam game di OS Android.

Preview code dari Android L sudah dirilis pada hari ini untuk para developer. Versi penuhnya akan diluncurkan Google pada musim gugur tahun 2014 ini. Google belum mengumumkan apa codename dari Android ini, isunya sendiri akan dinamakan Lollipop atau Liquorice.

Written by

Founder Teknoworld dan Author di WinPoin.com yang suka banget dengan info teknologi paling terbaru Mau tanya-tanya atau ngobrol? Cukup follow Twitter @indrakrisnadi

0 komentar:

Post a Comment

Peraturan Komentar:

1. Dilarang mengucapkan kata-kata kasar.
2. Dilarang mengucapkan kata-kata yang berbau Pornografi dan SARA.
3. Dilarang saling menghina user/pengguna yang berkomentar.
4. Diharapkan tidak berkomentar diluar topik atau Out Of Topic (OOT).
5. Dilarang keras melakukan promosi barang ataupun jasa. Teknoworld bukanlah Forum Jual Beli.
6. Dilarang menulis "LINK HIDUP" pada komentar.
6. Bila masih ada yang melanggar, maka komentar akan DIHAPUS

Teknoworld berhak untuk meninjau komentar yang masuk. Jika dinilai tidak layak dan tidak pantas, maka komentar akan DIHAPUS. Peraturan dapat berubah sewaktu-waktu

Kunjungi Teknoworld untuk mendapatkan update seputar berita teknologi.

© 2012-2015 Teknoworld | The Indonesian Tech Portal. All rights resevered |