Friday, November 1, 2013

Google Resmi Luncurkan Android 4.4 KitKat

Patung Android KitKat di Kantor Pusat Google
Teknoworld - Setelah diumumkan kehadirannya pada September 2013 lalu, akhirnya dalam sebuah acara di San Fransisco, Kamis (1/11/2013) Google meluncurkan versi Android terbaru yaitu 4.4 KitKat.

Seperti yang dikabarkan The Verge, Beberapa penambahan fitur dan perubahan terdapat pada Android 4.4 KitKat seperti dukungan Google Now pada Homescreen yang dapat diakses dengan cara men-swipe dari kiri-ke-kanan.

Follow Twitter Teknoworld @Teknoworld_ dan Like Facebook facebook.com/Teknoworldsite

Selain itu, aplikasi Pesan atau Messages kini digabungkan dalam Hangouts dan di Hangouts para pengguna Android 4.4 KitKat dapat melakukan pesan SMS, pesan instan atau Chatting, Voice call hingga Video call. Ada juga fitur HDR+ pada kamera Android 4.4 Kitkat.

Tampilan Android 4.4 KitKat kini tampil lebih baru yang menghadirkan Status bar dan tombol virtual (Back, Home dan Recent Apps) yang tertampil transparant. Status bar transparant sendiri sebelumnya telah hadir lebih dulu pada sistem operasi Windows Phone.

Android KitKat nampak menjadi sebuah solusi Google untuk masalah Fragmentasi yang terjadi selama ini di Android dengan mendukung ponsel low-end dengan RAM berkapasitas 512MB. Dan dengan dukungan pada ponsel low-end inilah yang menjadi senjata Google untuk membawa KitKat ke lebih dari 1 miliar pengguna dimasa mendatang.

Menurut Sundar Pichai, Kepala Android dan Chrome OS, Semua aplikasi Google telah dioptimalkan untuk menggunakan memori RAM yang lebih sedikit.

Android 4.4 KitKat telah hadir pada LG Nexus 5 dan update ini akan tersedia untuk Nexus 4, Nexus 7 dan Nexus 10 dalam beberapa minggu mendatang.

Sayangnya Samsung Galaxy Nexus tidak mendapatkan update ini karena Google menilai Galaxy Nexus adalah smartphone lama dan tidak masuk dalam rentang update 18 bulan walaupun dari spesifikasinya sudah mumpuni untuk menjalankan KitKat. Galaxy Nexus sendiri diluncurkan pada akhir 2011.

Jika aturan tersebut tetap diberlakukan, dalam waktu 6 bulan kedepan Nexus 4 akan tidak mendapatkan update versi Android terbaru walaupun dari spesifikasinya masih mampu. Google juga mencatat bahwa Galaxy Nexus menggunakan prosesor dari Texas Instruments yang kini tidak aktif lagi mengembangkan chip untuk smartphone.

Written by

Founder Teknoworld dan Author di WinPoin.com yang suka banget dengan info teknologi paling terbaru Mau tanya-tanya atau ngobrol? Cukup follow Twitter @indrakrisnadi

0 komentar:

Post a Comment

Peraturan Komentar:

1. Dilarang mengucapkan kata-kata kasar.
2. Dilarang mengucapkan kata-kata yang berbau Pornografi dan SARA.
3. Dilarang saling menghina user/pengguna yang berkomentar.
4. Diharapkan tidak berkomentar diluar topik atau Out Of Topic (OOT).
5. Dilarang keras melakukan promosi barang ataupun jasa. Teknoworld bukanlah Forum Jual Beli.
6. Dilarang menulis "LINK HIDUP" pada komentar.
6. Bila masih ada yang melanggar, maka komentar akan DIHAPUS

Teknoworld berhak untuk meninjau komentar yang masuk. Jika dinilai tidak layak dan tidak pantas, maka komentar akan DIHAPUS. Peraturan dapat berubah sewaktu-waktu

Kunjungi Teknoworld untuk mendapatkan update seputar berita teknologi.

© 2012-2015 Teknoworld | The Indonesian Tech Portal. All rights resevered |