Wednesday, June 6, 2012

Nokia Bantah Sekongkol Dengan Microsoft Google

Ilustrasi (Foto: Google)
Teknoworld - Setelah Microsoft membantah bersengkokol dengan Nokia terkait masalah transfer paten yang diajukan Google, kini giliran Nokia menyampaikan hal serupa. Perusahaan asal Finlandia itu menyerang balik Google, dengan menyebut keluhan yang diajukan sebagai tindakan yang sembarangan.



“Meski kami belum melihat yang dikeluhkan, tapi yang dikatakan Google bahwa Nokia dan Microsoft berkolusi tentang hak kekayaan intelektual adalah hal yang salah. Kedua perusahaan (Nokia dan Microsoft) memiliki portofolio kekayaan intelektual sendiri, strategi dan beroperasi secara independen,” tulis Nokia dalam pernyataan resminya, seperti dilansir dari Neowin, Rabu (6/6/2012)


“Nokia telah membuat divestasi paten secara teratur selama lima tahun terakhir. Jika Google bertanya pada kami, maka kami akan senang mengkonfirmasi klaimnya dan mungkin bisa menghindari membuang-buang waktu dengan keluhan yang sembarangan,” jelas Nokia.


Sementara itu, Florian Mueller dari FOSS Patents mengatakan, dugaan Google terlalu tidak jelas. Menurut Mueller, Google mungkin memainkan “politik” dengan menciptakan pengajuan terhadap Nokia dan Microsoft, dengan harapan European Commission akan melakukan penyelidikian berdasarkan klaimnya. Dengan begitu, kata Muller, tidak akan ada prasangka terhadap raksasa pencarian internet tersebut.


Seperti diketahui, dalam pengaduannya ke European Commision, Google menyatakan bahwa Nokia dan Microsoft telah mentransfer dua ribu paten untuk MOSAID, sebuah perusahaan yang secara rutin menghasilkan uang dengan meminta lisensi paten atau mencari litigasi dari perusahaan yang melanggar paten. Baik Nokia atau pun Microsoft, kedua perusahaan menyatakan tidak bekerjasama mengenai transfer paten tersebut.

Written by

Founder Teknoworld dan Author di WinPoin.com yang suka banget dengan info teknologi paling terbaru Mau tanya-tanya atau ngobrol? Cukup follow Twitter @indrakrisnadi

0 komentar:

Post a Comment

Peraturan Komentar:

1. Dilarang mengucapkan kata-kata kasar.
2. Dilarang mengucapkan kata-kata yang berbau Pornografi dan SARA.
3. Dilarang saling menghina user/pengguna yang berkomentar.
4. Diharapkan tidak berkomentar diluar topik atau Out Of Topic (OOT).
5. Dilarang keras melakukan promosi barang ataupun jasa. Teknoworld bukanlah Forum Jual Beli.
6. Dilarang menulis "LINK HIDUP" pada komentar.
6. Bila masih ada yang melanggar, maka komentar akan DIHAPUS

Teknoworld berhak untuk meninjau komentar yang masuk. Jika dinilai tidak layak dan tidak pantas, maka komentar akan DIHAPUS. Peraturan dapat berubah sewaktu-waktu

Kunjungi Teknoworld untuk mendapatkan update seputar berita teknologi.

© 2012-2015 Teknoworld | The Indonesian Tech Portal. All rights resevered |