Monday, November 3, 2014

November, Bolt Upgrade Teknologi Ke LTE-Advance

Devid Gubiani, Chief Technology Officer Internux (Foto: Kompas)
Teknoworld - Layanan internet LTE dari Internux, Bolt kian memanjakan penggunanya. Bolt akan melakukan upgrade teknologi yang dijanjikan mempunyai kecepatan internet yang lebih kencang lagi. Seberapa kencang?

"November tahun ini, semua pelanggan Bolt di Jakarta sudah bisa mencicipi kencangnya LTE Advance," kata Chief Technology Officer Internux, Devid Gubiani kepada Kompas di sela pameran Indocomtech 2014 di Jakarta, Kamis (30/10/2014).

Follow Twitter @Teknoworld_ Like Facebook Teknoworldsite dan YouTube TeknoworldTV

Nantinya, kecepatan LTE-Advance (LTE-A) dari Bolt ini mampu mencapai 150Mbps. Gubiani mengungkapkan sebenarnya LTE-A sudah mulai diterapkan di daerah di luar Jakarta seperti Cikarang dan Karawaci. Jaringan internet berkecepatan tinggi ini baru belakangan melebar ke Jakarta karena Bolt tak mau pelanggan terganggu oleh proses upgrade yang dilakukan di base transciever station (BTS).

Ia menambahkan, perangkat modem Bolt versi lama tetap dapat menikmati cepatnya LTE-A dengan kecepatan hingga 120Mbps. Kecepatan hingga 150Mbps ini hanya bisa didapat dengan perangkat baru dari Bolt.

"Tentu saja, angka itu bisa bervariasi tergantung berbagai macam faktor seperti jarak ke BTS, kepadatan pengguna di daerah itu, dan lain sebagainya. Tapi kami optimis pelanggan bakal menikmati peningkatan kecepatan secara keseluruhan, dari sweetspot 20 Mbps jadi 30 Mbps," imbuh Gubiani.

Tak hanya teknologi saja, operator dengan lisensi Broadband Wireless Access ini juga mengembangkan infraktrukturnya. Internux menargetkan sudah memiliki 3.600 BTS di area Jabodetabek.

"Jumlah itu akan membuat Bolt jadi pemilik BTS terpadat ketiga setelah Telkomsel dan XL. Sekarang ini jumlah BTS kami hanya berselisih sedikit dibanding Indosat," kata Gubiani.

Bolt juga akan memperluas area cakupan layanannya ke Banten, rencananya Bolt akan berekspansi ke Serang dan Cilegon pada kuartal pertama 2015.

Gubiani mengatakan bahwa saat ini Internux akan lebih memfokuskan upaya pengembangan kapasitas dibandingkan coverage untuk melayani sekitar 830.000 pelanggannya dengan lebih baik. Terlebih, Bolt mengharapkan jumlah pelanggannya sudah meningkat hingga 1,2 juta pada akhir tahun 2014 ini.

"Kami sudah menanam modal sebesar 100 juta dollar AS untuk pembangunan infrastruktur di area seputar Jakarta. Sebanyak 30 juta dollar AS kembali ditambahkan di luar itu untuk adopsi teknologi 4G LTE Advance," tutupnya.

Sumber: Kompas

Written by

Founder Teknoworld dan Author di WinPoin.com yang suka banget dengan info teknologi paling terbaru Mau tanya-tanya atau ngobrol? Cukup follow Twitter @indrakrisnadi

0 komentar:

Post a Comment

Peraturan Komentar:

1. Dilarang mengucapkan kata-kata kasar.
2. Dilarang mengucapkan kata-kata yang berbau Pornografi dan SARA.
3. Dilarang saling menghina user/pengguna yang berkomentar.
4. Diharapkan tidak berkomentar diluar topik atau Out Of Topic (OOT).
5. Dilarang keras melakukan promosi barang ataupun jasa. Teknoworld bukanlah Forum Jual Beli.
6. Dilarang menulis "LINK HIDUP" pada komentar.
6. Bila masih ada yang melanggar, maka komentar akan DIHAPUS

Teknoworld berhak untuk meninjau komentar yang masuk. Jika dinilai tidak layak dan tidak pantas, maka komentar akan DIHAPUS. Peraturan dapat berubah sewaktu-waktu

Kunjungi Teknoworld untuk mendapatkan update seputar berita teknologi.

© 2012-2015 Teknoworld | The Indonesian Tech Portal. All rights resevered |