Thursday, May 8, 2014

Smartphone Seharga 200 Ribuan Bakal Banjiri Pasar

Ilustrasi smartphone (Foto: Business Insider)
Teknoworld - Smartphone dengan harga murah sekitar Rp 200 ribu kini bukan lagi sebuah isapan jempol belaka. Sebab perusahaan arsitektur prosesor ARM mampu menghadirkan smartphone dengan harga hanya Rp 200 ribuan.

Dikabarkan oleh Engadget, ARM percaya bahwa smartphone akan segera dipegang siapa pun. ARM mengharapkan untuk dapat melihat smartphone dengan sistem operasi dari Google, Android dengan harga $ 20 atau sekitar Rp 230 ribu dalam waktu beberapa bulan ke depan.

Follow Twitter @Teknoworld_ Like Facebook Teknoworldsite dan YouTube TeknoworldTV

Foto: AnandTech
Karena harganya yang murah, maka spesifikasi dari smartphone dengan harga $ 20 ini tak istimewa. Smartphone 200 ribuan ini dibekali dengan prosesor single-core Cortex A5 yang sudah cukup lama diluncurkan serta koneksi internet 2.5G EDGE.

Walaupun dibekali dengan prosesor yang berusia tua, namun ARM mengklaim bahwa Cortex A5 lebih cepat dibandingkan prosesor ARM11 yang digunakan pada iPhone generasi pertama yang diluncurkan pada 2007 lalu.

Akan hadirnya sebuah smartphone dengan harga 200 ribuan ini didasari oleh riset ARM dengan lembaga riset Gartner yang memprediksi bahwa pada tahun 2018 mendatang akan ada milyaran smartphone kelas bawah atau entry-level yang dijual serta hampir separuh dari seluruh smartphone yang dijual merupakan smartphone entry-level.

Tentunya harapan ARM ini melibas kerjasama antara Mozilla dengan Spreadtrum yang akan membuat referensi desain untuk ponsel berbasis Firefox OS dengan target harga $ 25 atau sekitar Rp 300 ribu.

Smartphone ZTE Open yang telah menggunakan sistem operasi Firefox OS dari Mozilla juga dihargai dengan harga yang cukup murah yaitu $ 80 atau sekitar Rp 920 ribu.

Di Indonesia sendiri, sudah terdapat beberapa smartphone berbasis Android dengan harga sekitar Rp 500 ribu yang diproduksi oleh brand lokal, salah satunya Mito A90 yang telah dilengkapi dengan prosesor dual-core, RAM 512MB serta Android 4.1 Jelly Bean.

Written by

Founder Teknoworld dan Author di WinPoin.com yang suka banget dengan info teknologi paling terbaru Mau tanya-tanya atau ngobrol? Cukup follow Twitter @indrakrisnadi

2 komentar:

  1. Kian hari, bulan dan tahun persaingan pasar smartphone semakin ketat dan mantap banget, dengan begini harga semakin terjangkau di kantong

    ReplyDelete
  2. @Aditya Putra: Semakin ketat meraih pengguna, semakin murah juga harganya. Kita tunggu debut smartphone murah ini.

    ReplyDelete

Peraturan Komentar:

1. Dilarang mengucapkan kata-kata kasar.
2. Dilarang mengucapkan kata-kata yang berbau Pornografi dan SARA.
3. Dilarang saling menghina user/pengguna yang berkomentar.
4. Diharapkan tidak berkomentar diluar topik atau Out Of Topic (OOT).
5. Dilarang keras melakukan promosi barang ataupun jasa. Teknoworld bukanlah Forum Jual Beli.
6. Dilarang menulis "LINK HIDUP" pada komentar.
6. Bila masih ada yang melanggar, maka komentar akan DIHAPUS

Teknoworld berhak untuk meninjau komentar yang masuk. Jika dinilai tidak layak dan tidak pantas, maka komentar akan DIHAPUS. Peraturan dapat berubah sewaktu-waktu

Kunjungi Teknoworld untuk mendapatkan update seputar berita teknologi.

© 2012-2015 Teknoworld | The Indonesian Tech Portal. All rights resevered |