Tuesday, June 11, 2013

Apa Fitur Dan Tampilan Baru iOS 7? Ini Dia

iOS 7 (Foto: Apple)
Teknoworld - Pada acara Apple WWDC 2013, Apple resmi meluncurkan versi baru iOS, iOS 7. OS ini memiliki banyak perubahan mulai dari UI hingga penambahan fitur aplikasi bawaan. Apa sajakah yang dirubah? Teknoworld akan hadirkan yang dirangkum dari berbagai sumber.

1. Tampilan
ios7-3
Dari Kiri ke Kanan; Tampilan fitur Control Centre, Notification Centre dan Multitasking(Foto: Apple)
Tampilan ikon-ikon di iOS 7 kini lebih modern dan lebih berwarna jika dibandingkan dengan versi iOS sebelumnya. Ikon-ikon juga tampil lebih datar. Hampir semua gambar ikon-ikon juga dirombak oleh Apple termasuk Safari, namun hal ini berbalik pada ikon Apps Store.

Perubahan lain juga muncul pada Font yang digunakan pada iOS 7 kini lebih tipis dibanding iOS sebelumnya, slide-to-unlock, dan control panel. Ikon signal pun diganti menjadi titik-titik yang berbaris secara horizontal.

Jika sebelumnya untuk membuka kunci layar iPhone harus digeser dari kanan ke kiri, maka pada slide-to-unlock baru ini untuk membukanya harus digeser dari bawah keatas layar. Untuk tampilan aplikasi bawaan, semuanya berubah termasuk Wheather.

2. Control Centre

Apple sebenarnya sudah memiliki Notification Centre pada iOS sebelumnya namun tidak memiliki fitur kontrol. Pada iOS 7 Apple menambahkan fitur-fitur baru didalamnya seperti fitur Airplane Mode, WiFi, Bluetooth, flashlight, brightness, dan aplikasi-aplikasi pada bagian bawah. Jika Sobat Tekno sedang memutar musik, ada juga kontrol musik di Control Centre ini. Background Control Centre ini juga transparant sehingga menambah kesan keren di iOS 7.

Sayangnya, tidak seperti Android yang menggabungkan Control Centre dan Notification. Pada iOS 7, keduanya dipisahkan. Ingin membukanya? sentuh saja bagian bawah layar lalu geser keatas.


Follow Twitter: @Teknoworld_ dan Fanspage Facebook: facebook.com/Teknoworldsite

3. Multitasking

Multitasking pada iOS 7 kini dapat membuka seluruh aplikasi. Selain itu, Apple mengatakan bahwa Aplikasi juga dapat mengupdate informasi baru dibackground tanpa mengurangi daya baterai. Mungkin fitur ini akan sangat terasa saat membuka E-Mail atau membuka website Berita karena tak perlu melakukan refresh untuk update terbaru.

Fitur Multitasking di iOS 7 juga lebih pintar karena sistem akan mengurutkan aplikasi yang paling sering dibuka, bukan aplikasi yang terakhir dibuka. Untuk membukanya, tekan saja tombol Home. Untuk menutup aplikasi yang berada di Multitasking, sentuh aplikasi yang akan ditutup sambil digeser kebagian atas.

4. Safari dan AirDrop
ios7-2
Dari Kiri ke Kanan; Tampilan fitur Kamera, Safari dan Siri (Foto: Apple)
Browser mobile Safari pada iOS 7 kini lebih canggih. Selain adanya perubahan tampilan, Apple menambahkan fitur full-screen browsing, gesture-based navigation dan flipping card-tab. Kolom pencarian juga dihilangkan, sebagai gantinya ketik saja yang akan dicari di kotak halaman web.


Sedangkan fitur AirDrop sendiri hampir sama dengan S-Beam pada Samsung, fitur NFC pada ponsel lain atau Slam pada Nokia dan Aplikasi Bump. Fitur ini akan mengirim file atau konten kepada pengguna iOS lain dengan mendekatkan gadgetnya. Fitur ini terletak pada Control Centre. Sepertinya Apple menghadirkan fitur ini sebagai jawaban tiadanya NFC pada iPhone.



5. Kamera dan Foto
ios7-1
Dari Kiri ke Kanan; Tampilan fitur iTunes Radio, Photos dan AirDrop (Foto: Apple)
Tampilan Kamera pada iOS 7 ini juga dirombak. Tak hanya itu, Apple juga menambahkan fitur filter baru dan square photo framing. Apple juga menghadirkan fitur Moments yang akan menyortir gambar berdasarkan waktu dan lokasi. Pengguna iOS 7 juga dapat menshare video melalui iCloud.

Fitur baru lainnya adalah iTunes Radio. Fitur ini sama dengan layanan Streaming Musik Spotify dan Google Music All Access. Fitur ini disediakan secara gratis dengan iklan namun baru akan dimulai pada wilayah Amerika Serikat terlebih dahulu.

Ada juga fitur FaceTime Audio. Fitur ini adalah fitur panggilan suara melalui internet (VOIP) yang dihadirkan oleh Apple secara gratis dan dapat digunakan pada jaringan 3G, LTE, dan WiFi.

Fitur Siri juga ditingkatkan dengan penambahan suara-suara baru yaitu Pria atau Wanita dalam bahasa Inggris, Prancis, atau Jerman. Siri juga dapat mengontrol Bluetooth, Brightness dan memutar voicemail. Siri juga dapat diajak untuk melakukan pencarian di Twitter, Bing, dan Wikipedia. Untuk default, layanan pencarian Microsoft, Bing yang dipilih Apple. Tampilannya juga transparan dengan font yang lebih tipis.

Yang menarik adalah fitur iOS in-car. Fitur ini dapat menampilkan Apple Maps, bertelepon, musik atau mengirim pesan tanpa harus mengalihkan pandangan penggunanya dari jalanan. Fitur ini tentunya juga mendapat bantuan Siri, sang asisten pribadi iOS. iOS in-car baru akan tersedia pada 2014 dan dalam WWDC, telah 12 produsen Mobil yang berminat diantaranya Honda, Jaguar dan Hyundai.

iOS 7 ini akan tersedia bagi pengguna iPhone 4 keatas, iPad 2 keatas, iPad mini, dan iPod Touch generasi kelima. Untuk kalangan Developer dapat mendownload iOS 7 baru ini pada iPhone mulai hari ini dan untuk pengguna umum Apple akan menggelar rilis resminya pada musim gugur ini.

Written by

Founder Teknoworld dan Author di WinPoin.com yang suka banget dengan info teknologi paling terbaru Mau tanya-tanya atau ngobrol? Cukup follow Twitter @indrakrisnadi

2 komentar:

  1. UInya kayak gabungan dari Windows phone,Android,ama Symbian Anna

    ReplyDelete
  2. @ari nurcahya: Betul, mirip Windows Phone, Android dan Symbian Anna atau Belle dengan tampilan ikon-ikon yang menarik.

    ReplyDelete

Peraturan Komentar:

1. Dilarang mengucapkan kata-kata kasar.
2. Dilarang mengucapkan kata-kata yang berbau Pornografi dan SARA.
3. Dilarang saling menghina user/pengguna yang berkomentar.
4. Diharapkan tidak berkomentar diluar topik atau Out Of Topic (OOT).
5. Dilarang keras melakukan promosi barang ataupun jasa. Teknoworld bukanlah Forum Jual Beli.
6. Dilarang menulis "LINK HIDUP" pada komentar.
6. Bila masih ada yang melanggar, maka komentar akan DIHAPUS

Teknoworld berhak untuk meninjau komentar yang masuk. Jika dinilai tidak layak dan tidak pantas, maka komentar akan DIHAPUS. Peraturan dapat berubah sewaktu-waktu

Kunjungi Teknoworld untuk mendapatkan update seputar berita teknologi.

© 2012-2015 Teknoworld | The Indonesian Tech Portal. All rights resevered |