Sunday, January 27, 2013

Nokia 808 Yang Terakhir, Selamat Tinggal Symbian

Ilustrasi (Foto: GSMArena)
Teknoworld - Symbian, Sistem Operasi yang sangat populer 1 Dekade lalu akhirnya "ditanggalkan" Nokia untuk digunakan di Smartphone. Hal ini disampaikan Nokia dalam laporan pendapatannya.

Seperti yang Teknoworld kutip dari TechRadar, Smartphone kamera terbaik Dunia saat ini, Nokia 808 PureView menjadi Smartphone terakhir Nokia yang menjalankan OS Symbian.

"Nokia 808 PureView, sebuah perangkat yang menampilkan kemampuan pencitraan kami dan datang ke pasar pada pertengahan 2012, adalah perangkat Symbian terakhir dari Nokia," kata Nokia.

Walaupun dinilai sebagai Best Camera Phone di Dunia oleh beberapa media, Nokia 808 PureView tidak dapat mendongkrak penjualan Smartphone Symbian dari Nokia. Nokia hanya berhasil menjual Symbian sebanyak 2,2 Juta unit atau hanya setengahnya dari total penjualan Lumia yang berbasis Windows Phone dengan 4,4 Juta unit.

"Perangkat Symbian menyumbang 2,2 juta unit dari volume Smart Devices kami pada kuartal keempat 2012," kata perusahaan dalam laporan produktif-nya.

Nokia sendiri tetap akan terus mendukung Nokia PureView 808 walaupun smartphone yang menjalankan Symbian akan terus berkurang.

Semakin "Bersinarnya" Windows Phone

Nokia mengumumkan kerjasamanya dengan Microsoft pada tahun 2011 dan meluncurkan produk Windows Phone pertamanya pada Nokia World yang digelar pada akhir 2011 yaitu Lumia 800 dan 710. Nokia bergabung dengan Windows Phone sebab semakin menurunnya pendapatan mereka karena Smartphone Symbian mulai tidak laris.


"[Ponsel Nokia dengan] sistem operasi Windows Phone yang secara positif berbeda dari produk pesaing kami, baik di luar maupun di dalam ekosistem Windows Phone," kata Nokia pekan ini.

Nokia sendiri sukses menjual Lumia dengan total 13,4 juta perangkat pada 2012. Angka itu sudah bisa lebih baik, menurut Nokia, yang melihat permintaan berat untuk Lumia 920 dan Lumia 820.

Dengan adanya permintaan tinggi terhadap Lumia 920, Nokia mulai "menggenjot" kapasitas produksinya.

Sekilas Symbian

Symbian pertama kali digunakan oleh Nokia di ponsel Nokia 7650 yang sekaligus menjadi ponsel Nokia pertama yang memiliki fitur kamera. Symbian sendiri sudah memiliki beberapa versi mulai dari v1 hingga yang terakhir yaitu Belle. Awalnya Symbian tidak hanya digunakan oleh Nokia saja, melainkan vendor lain seperti Samsung, Motorola, Sony Ericsson (Sekarang Sony Mobile) dan LG pernah menggunakannya.

Namun setelah mulai mundur penjualannya, banyak vendor yang keluar dari Symbian Foundation seperti Sony Ericsson yang ditandai dengan diluncurkannya Xperia X1 dan Samsung.

Setelah munculnya iPhone dan Android, perlahan Symbian harus mundur dibelakang pesaing beratnya tersebut

Kini, Nokia menjadi satu-satunya Merk ponsel yang menggunakan Symbian dan merubah nama Symbian Belle menjadi Nokia Belle.


Sumber: TechRadar

Written by

Founder Teknoworld dan Author di WinPoin.com yang suka banget dengan info teknologi paling terbaru Mau tanya-tanya atau ngobrol? Cukup follow Twitter @indrakrisnadi

2 komentar:

  1. kini hanya tinggal sebuah kenangan manis ,,,, bagaimanapun symbian tetap ada di hati penggemar nya.

    ReplyDelete
  2. @Pangeran bollywood: Benar, Symbian akan ada di hati penggemar setianya.

    ReplyDelete

Peraturan Komentar:

1. Dilarang mengucapkan kata-kata kasar.
2. Dilarang mengucapkan kata-kata yang berbau Pornografi dan SARA.
3. Dilarang saling menghina user/pengguna yang berkomentar.
4. Diharapkan tidak berkomentar diluar topik atau Out Of Topic (OOT).
5. Dilarang keras melakukan promosi barang ataupun jasa. Teknoworld bukanlah Forum Jual Beli.
6. Dilarang menulis "LINK HIDUP" pada komentar.
6. Bila masih ada yang melanggar, maka komentar akan DIHAPUS

Teknoworld berhak untuk meninjau komentar yang masuk. Jika dinilai tidak layak dan tidak pantas, maka komentar akan DIHAPUS. Peraturan dapat berubah sewaktu-waktu

Kunjungi Teknoworld untuk mendapatkan update seputar berita teknologi.

© 2012-2015 Teknoworld | The Indonesian Tech Portal. All rights resevered |