Friday, November 23, 2012

Akhirnya, Google Street View Rekam Jakarta

Mobil Google Street View yang diluncurkan pada arena Pekan Produk Kreatif Indonesia 2012, mobil ini dilengkapi dengan kamera 360 derajat. (Foto: Kompas)
Teknoworld - Google Street View. yang merupakan fitur Google Maps untuk melihat jalan dan panorama melalui foto secara 360 derajat, resmi mulai merekam Jakarta.

Bertepat pada Epicentrum Walk, Kuningan, Google resmi meluncurkan mobil-mobil yang akan memotret Jakarta. 2 Mobil yaitu mobil SUV dan sedan ini akan mulai merekam Jakatra, yang menjadi Kota pertama dalam masuknya Street View di Indonesia.

Dikutip dari Kompas, Selain dihadiri oleh Product Manager Google, Andrew McGlinchey, acara ini juga dihadiri oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Mari Elka Pangestu, sebab Street view yang pertama hadir di Indonesia berkaitan dengan pariwisata.

"Proyek Google Street View ini akan dimulai dari Kota Jakarta dan akan segera dilanjutkan ke kota-kota lain," kata Mari.

Selain akan memotret gambar di jalanan di sebuah Kota, Google sendiri memang akan mengambil gambar daerah wisata terkenal di Indonesia. "Kami memiliki 16 destinasi wisata yang akan kami dorong. Kami berharap Google akan mulai melalui tempat-tempat tersebut terlebih dahulu," Tambahnya.

Dikarenakan Jakarta sangat luas, pengambilan foto di Jakarta akan dilakukan oleh lebih dari 10 mobil yang dilengkapi kamera 360 derajat, hal ini diungkapkan Product Manager Google, Andrew McGlinchey. "Karena Jakarta sangat luas, kami rasa akan dibutuhkan waktu yang sangat panjang untuk proses pengambilan foto ini," jelas McGlinchey.

"Saat kita sudah selesai mengumpulkan gambar yang cukup, maka kita akan buat foto yang diambil tersebut online, bahkan sebelum kami mengambil gambar dari wilayah lain," tutup McGlinchey.

Street View sendiri sudah menyambangi 44 Negara di Dunia, Indonesia adalah negara ke-45 yang dikunjungi Street View. Street View memang bukan merupakan foto yang akan merekam secara realtime seperti kamera CCTV, namun setidaknya Google mengupdatenya setiap 1-2 tahun.

Sumber: Kompas

Written by

Founder Teknoworld dan Author di WinPoin.com yang suka banget dengan info teknologi paling terbaru Mau tanya-tanya atau ngobrol? Cukup follow Twitter @indrakrisnadi

2 komentar:

  1. ini dijakarta mana sob?
    keren banget, moga moga google ke medan, wkwk

    ReplyDelete
  2. @Ondoro Tamba: Google pertama akan memotret Jalan protokol di Jakarta dan nantinya Google mengunjungi Kota Tua, dan mungkin Ancol, TMII, dan Monas. Untuk Medan, sabar saja ya, wilayah lainnya menyusul karena tahap pertama adalah di Jakarta.

    ReplyDelete

Peraturan Komentar:

1. Dilarang mengucapkan kata-kata kasar.
2. Dilarang mengucapkan kata-kata yang berbau Pornografi dan SARA.
3. Dilarang saling menghina user/pengguna yang berkomentar.
4. Diharapkan tidak berkomentar diluar topik atau Out Of Topic (OOT).
5. Dilarang keras melakukan promosi barang ataupun jasa. Teknoworld bukanlah Forum Jual Beli.
6. Dilarang menulis "LINK HIDUP" pada komentar.
6. Bila masih ada yang melanggar, maka komentar akan DIHAPUS

Teknoworld berhak untuk meninjau komentar yang masuk. Jika dinilai tidak layak dan tidak pantas, maka komentar akan DIHAPUS. Peraturan dapat berubah sewaktu-waktu

Kunjungi Teknoworld untuk mendapatkan update seputar berita teknologi.

© 2012-2015 Teknoworld | The Indonesian Tech Portal. All rights resevered |