Friday, August 3, 2012

RIM Siap Lisensikan BlackBerry 10 Ke Vendor Lain

CEO RIM, Thorsten Heins meluncurkan BlackBerry 10 Dev Alpha
Teknoworld - CEO Research in Motion (RIM) Thorsten Heins mengemukakan bahwa perusahaannya tengah mempertimbangkan untuk melisensi sistem operasi perangkat BlackBerry sehingga bisa dipakai oleh produsen ponsel lain.

Langkah itu dilakukan untuk memperluas jangkauan BlackBerry OS.

Heins mengatakan, karena RIM terlalu kecil dibandingkan para produsen handset lainnya, perusahaan ini kepayahan dalam bersaing.

Dia menyebutkan bahwa RIM membutuhkan perubahan strategi agar bisa mendorong platform terbarunya, BlackBerry 10, ke berbagai sektor sebanyak mungkin.

Strategi tersebut sama dengan yang diterapkan Google untuk sistem operasi mobile milknya, Android. Bedanya, BlackBerry OS tak akan dibuat open source, jadi siapapun yang tertarik dengan OS ini harus membayar biaya lisensi.

"Kami tak punya skala ekonomi untuk bersaing dengan para produsen yang menelurkan 60 handset dalam waktu satu tahun," ujar Heins dalam interview dengan Daily Telegraph Newspaper.

Heins menambahkan bahwa RIM perlu memiliki platform yang terfokus dan terdiferensiasi.

Apabila rencana ini berhasil dijalankan, bisa jadi perangkat BlackBerry nantinya bisa dibanderol dengan harga yang lebih murah di seluruh dunia.

"Kurang lebih kami nanti akan membuat sistem referensi, kemudian melisensikan desain referensi tadi. Produsen lain kemudian membuat hardware berdasarkan desain itu, bisa berupa BlackBerry ataupun perangkat lain yang berbasis platform BlackBery," jelas Heins.

Sistem operasi BlackBerry 10 dijadwalkan meluncur pada awal 2013 nanti. Perangkat BlackBerry pertama yang akan dibekali OS anyar ini diperkirakan bakal berupa perangkat full-touchscreen untuk menyaingi iPhone and ponsel Android.

Sebelumnya, Samsung dikabarkan akan menggunakan BlackBerry 10 saat setelah RIM meluncurkan BlackBerry 10.

Written by

Founder Teknoworld dan Author di WinPoin.com yang suka banget dengan info teknologi paling terbaru Mau tanya-tanya atau ngobrol? Cukup follow Twitter @indrakrisnadi

0 komentar:

Post a Comment

Peraturan Komentar:

1. Dilarang mengucapkan kata-kata kasar.
2. Dilarang mengucapkan kata-kata yang berbau Pornografi dan SARA.
3. Dilarang saling menghina user/pengguna yang berkomentar.
4. Diharapkan tidak berkomentar diluar topik atau Out Of Topic (OOT).
5. Dilarang keras melakukan promosi barang ataupun jasa. Teknoworld bukanlah Forum Jual Beli.
6. Dilarang menulis "LINK HIDUP" pada komentar.
6. Bila masih ada yang melanggar, maka komentar akan DIHAPUS

Teknoworld berhak untuk meninjau komentar yang masuk. Jika dinilai tidak layak dan tidak pantas, maka komentar akan DIHAPUS. Peraturan dapat berubah sewaktu-waktu

Kunjungi Teknoworld untuk mendapatkan update seputar berita teknologi.

© 2012-2015 Teknoworld | The Indonesian Tech Portal. All rights resevered |