Sunday, August 24, 2014

Google Street View Indonesia Resmi Bisa Diakses

Google Street View di kawasan Bundaran HI, Jakarta (Foto: Google)
Teknoworld - Setelah pertama kali meluncurkan mobilnya untuk melakukan perekaman hampir dua tahun lalu, Google Indonesia secara resmi meluncurkan layanan Google Maps Street View di Indonesia, Kamis (21/8/2014).

Layanan pemetaan jalanan paling populer tersebut saat ini hadir sudah hadir dibeberapa kota di Indonesia, yaitu Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi, Surabaya, serta Denpasar.

Follow Twitter @Teknoworld_ Like Facebook Teknoworldsite dan YouTube TeknoworldTV

Product Manager SEA  Google APAC, Andrew McGlinchey mengatakan, cakupan Street View sudah mencapai 90 persen dari jalanan utama di empat kota tersebut. Google juga merekam obyek-obyek wisata eksotis, seperti persawahan di Ubud, Bali, hingga terumbu karang di Pulau Komodo untuk dimasukan kedalam Street View.

Google Indonesia juga berniat untuk mengembangkan Street View agar dapat lebih banyak mencakup kota-kota di Indonesia.

Country Director Google Indonesia, Rudy Ramawy mengatakan, ke depannya Street View akan dikembangkan ke lebih banyak kota lagi di Indonesia.

"Selain empat kota tadi, kami juga akan terus mengekspansi layanan Street View di Indonesia, melihat penerimaan masyarakat," ujar Rudy dikutip dari Kompas.

Bahkan Rudy mengatakan akan berusaha agar Google Street View dapat mencakup seluruh Indonesia.

Untuk mendukung proyek tersebut, Rudy mengatakan jumlah mobil Google Street View akan akan ditambah sesuai keperluan dan waktu yang ditargetkan. Sayangnya, Rudy tidak mau memberikan informasi berapa jumlah mobil-mobil Google Street View yang beroperasi di Indonesia.

Google mengklaim selalu mengikuti peraturan yang berlaku dan memiliki izin ketika melakukan perekaman. Ketika Teknoworld mencoba fitur Street View ini, wajah orang-orang yang terekam oleh kamera Street View disamarkan atau diblur, hal serupa juga didapati pada nomor plat yang tertempel pada  kendaraan bermotor yang terekam.

Google mengakui hambatan terbesar ketika merekam di empat kota tersebut adalah lalu-lintas karena menurut Google, mobil Street view membutuhkan kecepatan yang konstan dalam merekam lingkungan sekeliling.

Google Street View yang merupakan fitur dari Google Maps ini memungkinkan pengaksesnya untuk "berjalan-jalan" secara virtual melalui PC, smartphone, atau gadget lain yang memiliki akses internet.

Google akan merekam lingkungan disekitar daerah kota termasuk perumahan, perkantoran, pusat perbelanjaan, hingga tempat wisata dan foto-foto dari hasil perekaman tersebut akan disatukan dan dapat dilihat 360 derajat.

Google Street View ini dapat diakses melalui Google Maps (http://maps.google.co.id) dengan cara cari daerah yang ingin menjadi tujuan, lalu klik ikon figur manusia yang berwarna kuning dibagian sudut kanan bawah, lalu "drag" atau seret ikon tersebut ke jalan yang diinginkan.

Street View sendiri sudah menyambangi 44 negara di Dunia, Indonesia adalah negara ke-45 yang dikunjungi Street View. Street View memang bukan merupakan foto yang akan merekam secara realtime seperti kamera CCTV, namun setidaknya Google mengupdatenya setiap 1-2 tahun.

Written by

Founder Teknoworld dan Author di WinPoin.com yang suka banget dengan info teknologi paling terbaru Mau tanya-tanya atau ngobrol? Cukup follow Twitter @indrakrisnadi

0 komentar:

Post a Comment

Peraturan Komentar:

1. Dilarang mengucapkan kata-kata kasar.
2. Dilarang mengucapkan kata-kata yang berbau Pornografi dan SARA.
3. Dilarang saling menghina user/pengguna yang berkomentar.
4. Diharapkan tidak berkomentar diluar topik atau Out Of Topic (OOT).
5. Dilarang keras melakukan promosi barang ataupun jasa. Teknoworld bukanlah Forum Jual Beli.
6. Dilarang menulis "LINK HIDUP" pada komentar.
6. Bila masih ada yang melanggar, maka komentar akan DIHAPUS

Teknoworld berhak untuk meninjau komentar yang masuk. Jika dinilai tidak layak dan tidak pantas, maka komentar akan DIHAPUS. Peraturan dapat berubah sewaktu-waktu

Kunjungi Teknoworld untuk mendapatkan update seputar berita teknologi.

© 2012-2015 Teknoworld | The Indonesian Tech Portal. All rights resevered |