Friday, July 18, 2014

Smartphone Android Nokia X 'Dibunuh' Microsoft

Nokia X2 (Foto: Nokia)
Teknoworld - Setelah Microsoft mengumumkan akan melakukan PHK karyawan secara besar-besaranKamis (17/8/2014), Microsoft selaku pemilik divisi Device and Service Nokia akan menghentikan produksi dari smartphone Android Nokia X. Apa alasannya?

Dalam suratnya kepada karyawan Microsoft, mantan CEO Nokia yang kini menjadi kepala Microsoft Devices, Stephen Elop, mengatakan bahwa Nokia X akan diubah menjadi seri Lumia yang menggunakan Windows Phone, bukan Android seperti yang dipakai Nokia X.

Follow Twitter @Teknoworld_ Like Facebook Teknoworldsite dan YouTube TeknoworldTV

"Kami berencana untuk memberikan perangkat Lumia lain dengan harga yang rendah dengan mengubah desain dan produk Nokia X masa depan untuk perangkat Windows Phone," tulis Stephen Elop.

Dikabarkan oleh GeekWire, Elop beralasan menghentikan Nokia X karena pihaknya akan fokus memproduksi Lumia yang menggunakan sistem operasi Windows Phone.

"Kami akan sangat terfokus pada membuat pasar untuk Windows Phone. Dalam waktu dekat, kami berencana untuk mendorong volume Windows Phone dengan menargetkan segmen smartphone lebih terjangkau, yang merupakan segmen dengan pertumbuhan tercepat dari pasar, dengan Lumia," ungkapnya.

Walaupun Nokia X akan segera dihentikan, namun Microsoft saat ini masih akan tetap menjual dan memberikan dukungannya bagi smartphone Android yang tanpa memiliki layanan dari Google ini.

"Kami berharap untuk membuat perubahan ini dengan segera sambil terus menjual dan mendukung produk Nokia X yang sudah ada," tambahnya.

Cukup disayangkan langkah Microsoft ini mengingat Nokia terhitung baru lima bulan memakai OS Android. Hingga saat ini, Nokia memiliki empat smartphone Android yang tergabung dalam seri Nokia X yaitu Nokia X, Nokia X+, Nokia XL, serta Nokia X2.

Dari keempatnya, hanya Nokia X2 yang belum dijual namun sudah diumumkan peluncurannya oleh Nokia. Belum jelas apakah Nokia X2 akan 'ditenggelamkan' atau tetap dijual sebagai smartphone Android terakhir Nokia.

OS Android AOSP digunakan pada seluruh seri Nokia X. Tampilan atau UI Nokia X sangat mirip dengan Windows Phone dan dicampur dengan tampilan UI dari seri Asha. Nokia tidak membeli layanan Google pada smartphonenya sehingga layanan milik Google tidak ditemukan diponsel ini seperti Search, Google Maps, Gmail, hingga Google Play Store. Semuanya digantikan oleh layanan Nokia dan Microsoft seperti Outlook, OneDrive, Skype dan Nokia Here yang semuanya telah tersedia secara pre-installed pada Nokia X.

Untuk aplikasinya, Nokia menghadirkan Nokia Store pada Nokia X yang hadir dengan ratusan ribu aplikasi Android didalamnya. Jika aplikasi yang diinginkan belum hadir, pengguna dapat menginstal file aplikasi .apk yang dapat ditemukan diberbagai situs web.

'Dibunuhnya' Nokia X oleh Microsoft ini mengakhiri cerita panjang Nokia yang memakai sistem operasi paling terpopuler di dunia saat ini, Android. Sempat menolak Android tapi kini menggunakannya dan akhirnya dihentikan juga.

Selamat tinggal Nokia X...

Written by

Founder Teknoworld dan Author di WinPoin.com yang suka banget dengan info teknologi paling terbaru Mau tanya-tanya atau ngobrol? Cukup follow Twitter @indrakrisnadi

2 komentar:

  1. Untung gue gak beli Nokia X
    http://firefudh.blogspot.com/

    ReplyDelete
  2. @Muhammad Mahfudh: Tapi walaupun sudah dibeli, Microsoft masih tetap memberikan dukungan terhadap Nokia X family ini.

    ReplyDelete

Peraturan Komentar:

1. Dilarang mengucapkan kata-kata kasar.
2. Dilarang mengucapkan kata-kata yang berbau Pornografi dan SARA.
3. Dilarang saling menghina user/pengguna yang berkomentar.
4. Diharapkan tidak berkomentar diluar topik atau Out Of Topic (OOT).
5. Dilarang keras melakukan promosi barang ataupun jasa. Teknoworld bukanlah Forum Jual Beli.
6. Dilarang menulis "LINK HIDUP" pada komentar.
6. Bila masih ada yang melanggar, maka komentar akan DIHAPUS

Teknoworld berhak untuk meninjau komentar yang masuk. Jika dinilai tidak layak dan tidak pantas, maka komentar akan DIHAPUS. Peraturan dapat berubah sewaktu-waktu

Kunjungi Teknoworld untuk mendapatkan update seputar berita teknologi.

© 2012-2015 Teknoworld | The Indonesian Tech Portal. All rights resevered |