Thursday, January 2, 2014

Tahun Ini, Sony Bakal Pakai Windows Phone?

(Foto: The Verge)
Teknoworld - Selama ini pabrikan ponsel asal Jepang, Sony Mobile menggunakan sistem operasi Android pada smartphone Xperia. Namun sebuah kabar menyebutkan pada tahun ini Sony akan merilis smartphone dengan OS Windows Phone.

Diberitakan The Verge, dilaporkan Sony telah melakukan sejumlah diskusi dengan Microsoft bahkan Sony tengah menyusun desain untuk prototype smartphone Windows Phone.

Follow Twitter Teknoworld @Teknoworld_ dan Like Facebook facebook.com/Teknoworldsite

Namun kabarnya Sony Mobile tidak memasukan smartphone Windows Phone buatannya kedalam keluarga Xperia melainkan terdapat pada seri Vaio yang selama ini dikenal sebagai seri Notebook dari Sony. Langkah Sony ini lebih dulu digunakan pada Samsung dengan seri ATIV.

Sony nampak belum berpikir kembali setelah diumumkannya langkah Microsoft untuk membeli divisi ponsel Nokia senilai 5,44 Miliyar ($7,2 Miliyar). Pembicaraan dengan Microsoft juga terjadi bahkan setelah akuisisi ini diumumkan Microsoft.

Laporan tersebut mencatat bahwa belum ada kesepakatan antara Sony dengan Microsoft sehingga rencana ini bisa saja batal sewaktu-waktu jika Sony Mobile tidak setuju atas biaya lisensi, preloaded software atau masalah lainnya.

Sebelum "bercerai" dengan Ericsson, Sony pernah merilis beberapa smartphone dengan sistem operasi Windows Mobile dari Microsoft. Smartphone Xperia pertama Sony Ericsson, Xperia X1 menggunakan OS Windows Mobile setelah sebelumnya Sony Ericsson menggunakan Symbian pada produk smartphonenya.

Windows Phone sendiri telah digunakan oleh Nokia, Samsung, HTC serta Huawei. Nokia menjadi "raja" dengan jumlah pengguna Windows Phone terbanyak dan meninggalkan jauh kompetitornya. AdDuplex melaporkan bahwa Nokia menguasai pangsa pasar Windows Phone sebesar 92% diakhir tahun 2013 lalu.

Windows Phone juga masih berada pada posisi 3 sebagai sistem operasi dengan jumlah pengguna terbanyak. Data dari lembaga riset IDC melaporkan pada kuartal ketiga tahun 2013, pangsa pasar Windows Phone mencapai 3.6%, masih jauh jika dibandingkan dengan Android (81%) dan Apple iOS (12.9%).

Written by

Founder Teknoworld dan Author di WinPoin.com yang suka banget dengan info teknologi paling terbaru Mau tanya-tanya atau ngobrol? Cukup follow Twitter @indrakrisnadi

0 komentar:

Post a Comment

Peraturan Komentar:

1. Dilarang mengucapkan kata-kata kasar.
2. Dilarang mengucapkan kata-kata yang berbau Pornografi dan SARA.
3. Dilarang saling menghina user/pengguna yang berkomentar.
4. Diharapkan tidak berkomentar diluar topik atau Out Of Topic (OOT).
5. Dilarang keras melakukan promosi barang ataupun jasa. Teknoworld bukanlah Forum Jual Beli.
6. Dilarang menulis "LINK HIDUP" pada komentar.
6. Bila masih ada yang melanggar, maka komentar akan DIHAPUS

Teknoworld berhak untuk meninjau komentar yang masuk. Jika dinilai tidak layak dan tidak pantas, maka komentar akan DIHAPUS. Peraturan dapat berubah sewaktu-waktu

Kunjungi Teknoworld untuk mendapatkan update seputar berita teknologi.

© 2012-2015 Teknoworld | The Indonesian Tech Portal. All rights resevered |