Tuesday, November 6, 2012

'Bye-Bye' Bahaya Instal Aplikasi Android

Patung Android Jelly Bean (Foto: Dok. Teknoworld)
Teknoworld - Android 4.2 Jelly Bean tidak hanya memiliki fitur canggih seperti penambahan fitur pada Google Now yang merupakan 'Siri-nya' Android, Gesture Typing dan Multiple user, namun Android 4.2 ini memiliki fitur "Satpam" yang mengawasi aplikasi Android.

"Satpam" ini berfungsi sebagai scanner aplikasi. Jadi, Aplikasi yang telah di download baik dari Google Play maupun diluar Google Play akan discan secara otomatis sebelum penginstalan dan selama aplikasi masih ada di perangkat Android tersebut.

Prosesnya sendiri jika aplikasi tersebut diakui di server Google sebagai program yang aman, instalasi akan dilanjutkan seperti biasa. Jika sebuah aplikasi yang ditandai sebagai aplikasi berbahaya, sistem akan mencegah pengguna dari menginstal itu.

android-app-security
Foto: BGR
VP of Engineering Android, Hiroshi Lockheimer mengatakan bahwa Google selalu menscan 700.000 Aplikasi yang ada di Google Play. "Kami melihat keamanan sebagai hal yang universal," kata Lockheimer.

Android 4.2 juga mencakup fitur yang berjalan di background yang akan mewaspadakan pengguna kapan saja jika sebuah aplikasi mencoba untuk mengirim pesan teks ke layanan premium. Kedua fitur ini dapat dimatikan di pengaturan.

Seperti yang Teknoworld kutip dari BGR, Android Jelly Bean merupakan versi Android teraman karena lebih banyak fitur keamanan yang hadir di versi ini dibandingkan pendahulunya.

Sumber: BGR

Written by

Founder Teknoworld dan Author di WinPoin.com yang suka banget dengan info teknologi paling terbaru Mau tanya-tanya atau ngobrol? Cukup follow Twitter @indrakrisnadi

0 komentar:

Post a Comment

Peraturan Komentar:

1. Dilarang mengucapkan kata-kata kasar.
2. Dilarang mengucapkan kata-kata yang berbau Pornografi dan SARA.
3. Dilarang saling menghina user/pengguna yang berkomentar.
4. Diharapkan tidak berkomentar diluar topik atau Out Of Topic (OOT).
5. Dilarang keras melakukan promosi barang ataupun jasa. Teknoworld bukanlah Forum Jual Beli.
6. Dilarang menulis "LINK HIDUP" pada komentar.
6. Bila masih ada yang melanggar, maka komentar akan DIHAPUS

Teknoworld berhak untuk meninjau komentar yang masuk. Jika dinilai tidak layak dan tidak pantas, maka komentar akan DIHAPUS. Peraturan dapat berubah sewaktu-waktu

Kunjungi Teknoworld untuk mendapatkan update seputar berita teknologi.

© 2012-2015 Teknoworld | The Indonesian Tech Portal. All rights resevered |