Saturday, August 25, 2012

Lipsus Kasus Apple vs Samsung: Samsung Kalah Melawan Apple

Kemiripan Produk Apple iPhone dengan Samsung Galaxy S dalam dokumen Samsung Copying Apple milik Apple (Foto: AllThingsD)
Teknoworld - Setelah selama 21 Jam berunding, akhirnya 9 orang juri membuat sebuah keputusan yang menyatakan bahwa Samsung bersalah dalam sengketa paten antara Samsung dan Apple di Pengadilan San Jose, California, AS.

Dikutip Teknoworld dari CNET, Juri memberitahu pengadilan pada pukul 02:35 (Waktu setempat) bahwa mereka telah mencapai kesepakatan vonis yang dibacakan di depan Hakim Distrik Lucy H. Koh.

Lalu apa penyebab Samsung kalah? Poin inilah yang menjadi penyebabnya yang diantaranya Desain Samsung Galaxy yang mencontek iPhone dan Juri menemukan pelanggaran yang disengaja pada lima dari enam paten Apple.

Sedangkan dalam tuntutan Samsung yang mengatakan bahwa Apple melanggar paten nirkabel milik Samsung, Juri menyatakan bahwa Apple tidak bersalah.

Karena Samsung bersalah, Juri mengatakan bahwa Samsung wajib memberikan ganti rugi ke Apple sebesar $ 1,05 milyar.

Namun keputusan Juri tersebut belum bisa dijadikan acuan bahwa kasus sengketa paten telah selesai karena Hakim Lucy Koh belum "Ketok Palu" di Pengadilan San Jose.

Seperti yang sudah dikabarkan terlebih dulu, Apple menuduh Samsung menyalin desain dan beberapa fitur dari iPad dan iPhone, dan meminta larangan penjualan selain kerugian moneter. Samsung, yang berusaha untuk memperluas di Amerika Serikat, mengatakan Apple melanggar hak paten, termasuk beberapa untuk teknologi nirkabel.

Sumber: CNET

UPDATE: Samsung diberitakan akan siap mengajukan banding akibat kekalahannya terhadap Apple. Dikutip dari Detik.com, Samsung meminta kekalahan ini tidak dilihat sebagai kemenangan pihak Apple, melainkan sebagai kerugian bagi konsumen yang berpotensi mendorong harga smartphone dan tablet PC menjadi lebih mahal karena variasi produk yang semakin sedikit.

"Ini akan menyebabkan sedikit pilihan, kurangnya inovasi, dan potensi harga produk yang lebih tinggi," kata Samsung

Sumber: Detik

Written by

Founder Teknoworld dan Author di WinPoin.com yang suka banget dengan info teknologi paling terbaru Mau tanya-tanya atau ngobrol? Cukup follow Twitter @indrakrisnadi

2 komentar:

  1. Tapi Samsung keukeuh tidak merasa bersalah, bahkan mereka menuntut Apple di banyak negara, seperti Australia, Jepang & Korea negaranya.
    Kira-kira di tempat lain, selain kandang Apple siapa yang menang ya? :)

    Salam Kenal & Salam Berbagi Sob!...
    -----------------------
    Btw, 2 Blog sobat sudah saya Follow...

    ReplyDelete
  2. @K2 Ichsan: Ya, Samsung merasa tidak bersalah, bahkan saya merasa HP saya sendiri mirip dengan iPhone (Salah satu Seri Samsung Galaxy. Tapi ternyata Apple juga tidak main-main, "Wasiat" Steve Jobs yang mengatakan akan perang termo nuklir terhadap Android berhasil dijalankan Tim Cook CS. Lalu apakah Apple juga akan terus melancarkan senjatanya dalam perang termonuklir ini hingga ke pembuat Android, Google? Kita tunggu saja nantinya.

    ReplyDelete

Peraturan Komentar:

1. Dilarang mengucapkan kata-kata kasar.
2. Dilarang mengucapkan kata-kata yang berbau Pornografi dan SARA.
3. Dilarang saling menghina user/pengguna yang berkomentar.
4. Diharapkan tidak berkomentar diluar topik atau Out Of Topic (OOT).
5. Dilarang keras melakukan promosi barang ataupun jasa. Teknoworld bukanlah Forum Jual Beli.
6. Dilarang menulis "LINK HIDUP" pada komentar.
6. Bila masih ada yang melanggar, maka komentar akan DIHAPUS

Teknoworld berhak untuk meninjau komentar yang masuk. Jika dinilai tidak layak dan tidak pantas, maka komentar akan DIHAPUS. Peraturan dapat berubah sewaktu-waktu

Kunjungi Teknoworld untuk mendapatkan update seputar berita teknologi.

© 2012-2015 Teknoworld | The Indonesian Tech Portal. All rights resevered |