Sunday, May 20, 2012

Inilah Sejarah Smartphone di Dunia



iPhone 4S, Smartphone Apple yang paling tercanggih
Teknoworld - Apakah Anda Tahu Smartphone atau Ponsel Pintar? Atau Tidak tahu sama sekali?
Ponsel yang memiliki Fitur yang banyak, spesifikasi yang lebih tinggi dibanding Ponsel Biasa dan Memiliki banyak ragam Sistem Operasi ini sangat banyak dipakai di Dunia.
Di Indonesia sendiri, Smartphone BlackBerry sudah banyak dipakai di Indonesia sejak diluncurkan pada 2005 oleh salah satu Operator Telekomunkasi di Indonesia.
Sedangkan di Dunia, Smartphone yang berbasis Android sudah sangat banyak dipakai di Dunia sejak diluncurkannya pada tahun 2008.
Namun apakah Anda tahu Sejarah Dunia Smartphone atau Ponsel pintar ini?


Berikut Teknoworld berikan Sejarah Smartphone di Dunia.

Telepon pintar pertama dinamakan Simon; di rancang oleh IBM pada 1992 dan dipamerkan sebagai produk konsep tahun itu di COMDEX, sebuah pameran komputer di Las Vegas, Nevada.
Simon, Smartphone Pertama di Dunia
Telepon pintar tersebut dipasarkan ke publik pada tahun 1993 dan dijual oleh BellSouth. Tidak hanya menjadi sebuah telepon genggam, telepon pintar tersebut juga memiliki kalender, buku telepon, jam dunia, tempat pencatat, surel, kemampuan mengirim dan menerima faks dan permainan.

Telepon canggih tersebut tidak mempunyai tombol-tombol. Melainkan para pengguna menggunakan layar sentuh untuk memilih nomor telepon dengan jari atau membuat faksimile dan memo dengan tongkat stylus.

Teks dimasukkan dengan papan ketik “prediksi” yang unik di layar. Bagi standar masa kini, Simon merupakan produk tingkat rendah, tetapi fitur-fiturnya pada saat itu sangatlah canggih.

Nokia Communicator merupakan telepon pintar pertama Nokia, dimulai dengan Nokia 9000, pada tahun 1996. Telepon pintar yang serupa dengan komputer tangan yang unik ini adalah hasil dari usaha penggabungan model PDA buatan Hewlett Packard yang sukses dan mahal dengan telepon Nokia yang laris pada waktu itu.

Nokia 9000 Communicator
Nokia 9210 merupakan komunikator berlayar warna pertama dan juga merupakan telepon pintar sejati yang menggunakan sistem operasi. Komunikator 9500 menjadi komunikator berkamera dan ber-WiFi pertama.

Nokia 9210 Communicator
Komunikator 9300 memiliki perubahan dalam bentuk yang lebih kecil dan komunikator yang terbaru E90 menyertakan GPS. Meskipun Nokia 9210 dapat diargumentasikan sebagai telepon pintar sejati pertama dengan sistem operasi, Nokia tetap menyebutnya sebagai komunikator.

Ericsson R380 dahulu terjual sebagai ‘telepon pintar’ tetapi tidak bisa menjalankan aplikasi pihak ketiga.

Ericsson R280
Pada Oktober 2001, Handspring mengeluarkan telepon pintar Palm OS Treo, dengan papan ketik penuh digabung dengan jelajah jejaring tanpa kabel, E-Mail, kalender, dan pengatur daftar nama, dengan aplikasi pihak ketiga yang dapat diunduh atau diselaraskan dengan komputer.

Salah satu Seri Palm Treo
Tahun 2002, RIM mengeluakan BlackBerry pertama yang merupakan telepon pintar pertama dengan penggunaan surel nirkabel yang optimal dan penggunanya telah mencapai 8 juta (sampai Juni 2007), tiga perempat pemakainya berada di Amerika Selatan.

BlackBerry 850, Smartphone BlackBerry Pertama di Dunia
Handspring menyajikan telepon pintar yang popular dipasaran Amerika dengan bergabung dengan Palm OS berbasis Visor PDA dengan jaringan telepon GSM, VisorPhone. Tahun 2002, Handspring menjual telepon pintar terintegasi bernama Treo perusahaan ini bergabung karena penjualan PDA sudah mulai mati, tetapi telepon pintar Treo secara cepat menjadi populer sebagai telepon berfitur PDA.

Pada tahun yang sama, Microsoft mengumumkan Windows CE Pocket PC OS dan dinobatkan sebagai "Microsoft Windows Powered Smartphone 2002".

Pada tahun 2005 Nokia menerbitkan seri-N telepon pintar 3G yang dijual bukan sebagai telepon genggam tetapi sebagai komputer multimedia.

Nokia N Series pertama yaitu Nokia N70 (Kanan), Nokia N90 (Tengah) dan Nokia N91 (Kiri)
Pada Tahun 2007, Produsen Komputer yang terkenal dengan Mac, Apple merilis iPhone generasi pertama yang mulai dipasarkan pada 29 Juni 2007 di AS dengan harga US$499 untuk model 4GB dan US$599 untuk model 8GB (tetapi dengan syarat harus kontrak dengan AT&T selama 2 tahun).

iPhone
Android, OS untuk telepon pintar diluncurkan pada tahun 2008. Android didukung oleh Google, bersama pengusaha piranti keras dan lunak yang terkemuka lainnya seperti Intel, HTC, ARM, Motorola dan eBay, yang kemudian membentuk Open Handset Alliance.

Telepon pertama yang menggunakan Android OS adalah HTC Dream, merk keluran dari T-Mobile sebagai G1. Fitur telepon penuh, layar sentuh secara utuh, papan ketik QWERTY, dan bola jalur untuk menavigasikan halaman web.

HTC Dream atau yang dikenal juga dengan G1, Smartphone Android Pertama di Dunia
Piranti lunak cocok dengan aplikasi Google, seperti Maps, Calendar, dan Gmail, juga Google Chrome Lite. Aplikasi pihak ketiga juga tersedia lewat Google Play (Dahulu Android Market), ada yang gratis ataupun yang berbayar.

Pada Juli 2008 Apple memperkenalkan App Store dengan aplikasi gratis dan dengan biaya. App store dapat menyampaikan aplikasi telepon pintar yang dikembangkan oleh pihak ketiga langsung dari iPhone atau iPod Touch dengan WiFi atau jaringan selular tanpa menggunakan komputer untuk mengunduh. App Store telah menjadi suatu kesuksesan bagi Apple dan pada Juni 2009 terdapat lebih dari 50,000 aplikasi yang ada. App store menembus satu juta unduh aplikasi pada 23 April 2009.

Mengikuti popularitas App Store dari Apple, banyak yang membuat toko aplikasinya sendiri. Palm, Microsoft dan Nokia telah mengumumkan toko aplikasi yang mirip milik Apple.

RIM juga baru-baru ini membuat toko aplikasinya yaitu BlackBerry App World.

Pada Tahun 2010, Microsoft memperkenalkan Windows Phone pada tgl 15 Februari 2010 di Pameran Mobile World Congress di  Barcelona. Sistem operasi ini dirilis di Amerika Serikat pada tgl 8 November 2010. Windows Phone mendukung sampai 25 bahasa.

Written by

Founder Teknoworld dan Author di WinPoin.com yang suka banget dengan info teknologi paling terbaru Mau tanya-tanya atau ngobrol? Cukup follow Twitter @indrakrisnadi

2 komentar:

  1. Jadi paham sejarah dari smartphone ini sob. Artikel nya keren, nambah wawasan
    Kira-kira 10 tahun kedepan smartphone-nya kayak gimana ya ? :D

    ReplyDelete
  2. @Dewa Gama: Pastinya lebih Hi-tech dibandingkan sekarang :)

    ReplyDelete

Peraturan Komentar:

1. Dilarang mengucapkan kata-kata kasar.
2. Dilarang mengucapkan kata-kata yang berbau Pornografi dan SARA.
3. Dilarang saling menghina user/pengguna yang berkomentar.
4. Diharapkan tidak berkomentar diluar topik atau Out Of Topic (OOT).
5. Dilarang keras melakukan promosi barang ataupun jasa. Teknoworld bukanlah Forum Jual Beli.
6. Dilarang menulis "LINK HIDUP" pada komentar.
6. Bila masih ada yang melanggar, maka komentar akan DIHAPUS

Teknoworld berhak untuk meninjau komentar yang masuk. Jika dinilai tidak layak dan tidak pantas, maka komentar akan DIHAPUS. Peraturan dapat berubah sewaktu-waktu

Kunjungi Teknoworld untuk mendapatkan update seputar berita teknologi.

© 2012-2015 Teknoworld | The Indonesian Tech Portal. All rights resevered |