Wednesday, May 2, 2012

Amazon akan buat Smartphone?

detail berita
Teknoworld - Amazon membesut Kindle Fire dan berhasil meningkatkan pangsa pasar sampai dua kali lipat tahun ini. Setelah tablet, apakah kini Amazon akan menggarap sebuah ponsel cerdas?
 
DiwartakanTechRadar, Rabu (2/5/2012), pangsa pasar tablet Kindle Fire tahun ini melonjak jadi 54 persen dari total jumlah seluruh perangkat Android pada Februari. Melihat kondisi ini, beberapa analis berpendapat bahwa ponsel cerdas merupakan langkah logis yang berikutnya akan diambil divisi hardware Amazon.

Sebelumnya, pada tahun lalu dikabarkan bahwa Mark Mahaney dari Citigroup merilis laporan berisi klaim bahwa pabrik-pabrik di China, termasuk Foxconn telah mengerjakan ponsel cerdas Amazon. Menurutnya, perangkat tersebut akan meluncur di kuartal 4 2012 dengan harga di kisaran USD150 atau USD170.
 
Selain itu, mengingat rumor mengenai Facebook phone yang semakin marak, kesuksesan Amazon dengan Kindle Fire diperkirakan akan berujung pada pembuatan ponsel cerdas. Prediksi juga mengungkap bahwa ponsel tersebut bisa saja mengadopsi sistem operasi Android yang telah dimodifikasi.
 
Di dalam perangkat tersebut kemungkinan juga akan disertakan portal menuju toko online Amazon, seperti yang terdapat di Kindle Fire. Aplikasi Amazon's shopping and Kindle apps sendiri telah tersedia di iOS dan Windows Phone, tapi harga perangkat yang lebih terjangkau dan kehandalan merek Amazon bisa dikatakan cukup mampu menarik minat pembeli.
 
Ide tentang ponsel cerdas Amazon ini memang menarik, tapi bukan tanpa celah. Apalagi mempertimbangkan saat ini sudah banyak ponsel Android yang beredar di pasar, Amazon mungkin saja kesulitan membuat diferensiasi produknya.
 
Kemudian, situs TechRadar juga berpendapat jika ponsel cerdas Amazon mirip dengan versi Adroid di Kindle Fire, jadinya akan kurang menarik bagi para developer yang mencari pasar besar. Lebih lanjut lagi, layanan streaming yang memanfaatkan WiFi di Kindle Fire bisa memboroskan daya baterai ketika diterapkan di data plan 3G atau 4G dalam ponsel cerdas Amazon.

Written by

Founder Teknoworld dan Author di WinPoin.com yang suka banget dengan info teknologi paling terbaru Mau tanya-tanya atau ngobrol? Cukup follow Twitter @indrakrisnadi

0 komentar:

Post a Comment

Peraturan Komentar:

1. Dilarang mengucapkan kata-kata kasar.
2. Dilarang mengucapkan kata-kata yang berbau Pornografi dan SARA.
3. Dilarang saling menghina user/pengguna yang berkomentar.
4. Diharapkan tidak berkomentar diluar topik atau Out Of Topic (OOT).
5. Dilarang keras melakukan promosi barang ataupun jasa. Teknoworld bukanlah Forum Jual Beli.
6. Dilarang menulis "LINK HIDUP" pada komentar.
6. Bila masih ada yang melanggar, maka komentar akan DIHAPUS

Teknoworld berhak untuk meninjau komentar yang masuk. Jika dinilai tidak layak dan tidak pantas, maka komentar akan DIHAPUS. Peraturan dapat berubah sewaktu-waktu

Kunjungi Teknoworld untuk mendapatkan update seputar berita teknologi.

© 2012-2015 Teknoworld | The Indonesian Tech Portal. All rights resevered |