Tuesday, June 9, 2015

iOS 9 Diluncurkan, Ini Fitur Barunya!

Daftar perangkat Apple yang mendapat update iOS 9 (Foto: The Verge)
Teknoworld - Apple resmi meluncurkan sistem operasi mobile terbarunya, iOS 9 dalam ajang konferensi developer WWDC 2015 di San Francisco, Amerika Serikat, Selasa (9/6/2015). iOS 9 masih memakai desain datar seperti iOS 7 dan iOS 8, lalu apa saja fitur barunya?

Peningkatan besar terdapat pada asisten pribadi Siri. Kini, Siri semakin pintar dengan fitur Proactive yang ada di iOS 9. Fitur ini akan mirip dengan Google Now, dimana perangkat akan memberikan saran kepada pemiliknya.

Follow Twitter @Teknoworld_ Like Facebook Teknoworldsite dan YouTube TeknoworldTV

Misalnya, saat pagi hari, fitur Proactive akan memberikan sejumlah aplikasi yang harus dibuka atau pada aplikasi kalender yang dapat memberikan informasi kapan kita harus berangkat untuk menemui seseorang, berdasarkan informasi lalu lintas.

Fitur Spotlight juga di-upgrade di iOS 9 dengan kemampuan system-wide search yang dapat mencari file dan aplikasi apa saja hanya melalui satu aplikasi. Fitur ini cukup mirip dengan fitur Search yang ada di Windows Phone.

Aplikasi Notes juga diperbaharui dengan dukungan memasukan gambar, checklist, dan sketches atau menggambar. Fitur Apple Pay juga lebih ditingkatkan lagi kemampuannya dan mendukung lebih banyak lagi kartu kredit dan bank, fitur ini juga sudah dirilis di Inggris.

Apple juga 'membunuh' aplikasi Passbook dan menggantikannya dengan aplikasi Wallet yang sudah terintegrasi dengan kartu kredit, kartu debit, kartu toko, dan kartu loyalti dalam satu aplikasi.

Aplikasi Maps yang dikritik banyak orang kini juga ditingkatkan lagi dengan dukungan transit direction yang mendukung sarana transportasi bis, kereta, dan subway. Fitur ini sudah tersedia dilebih dari 20 kota seperti New York, San Francisco, Beijing, London, dan Berlin.

Ada juga aplikasi News yang menyuguhkan berbagai berita dari berbagai media yang dikemas dengan format mobile yang menarik. Aplikasi ini cukup mirip dengan aplikasi Flipboard yang sudah lama ada.

Sementara itu, pengguna iPad dimanjakan dengan tambahan fitur shortcut cut, copy, dan paste pada Keyboard iPad. Tak hanya itu, dengan mode baru di keyboard iOS 9, keyboard juga dapat berfungsi sebagai trackpad.

Peningkatan besar juga ada dikemampuan multitasking iOS 9 yang mampu menjalankan dua aplikasi secara bersamaan dalam satu layar, Apple menyebutnya "SlideOver". Fitur ini sejatinya lebih dulu ada di sistem operasi Windows 8 dan setelahnya hadir di tablet Galaxy Tab dari Samsung.

Mode split-screen ini juga mempunyai ratio yang sama dengan fitur Snap Mode di Windows 8, 50:50 dan 70:30. Sayangnya, fitur ini baru tersedia di iPad Air 2.

Apple mengatakan, iOS 9 lebih efisien dan lebih kecil dibanding pendahulunya. Untuk mendownload iOS 9, perangkat Apple hanya memerlukan 1.8GB memori yang tersedia. Jauh lebih kecil dibandingkan iOS 8 yang mencapai 4.8GB.

Apple juga menambahkan fitur hemat baterai "low power mode" yang dapat membatasi proses yang berjalan di background serta memperharui layanan HomeKit and CarPlay.

Para developer aplikasi sudah bisa mendownload iOS 9 hari ini dan untuk public beta akan hadir dibulan Juli ini. iOS 9 kompatibel dengan smartphone iPhone 4S dan keatasnya serta tablet iPad 2 dan keatasnya.

Sumber: The Verge

No comments:

Post a Comment

Peraturan Komentar:

1. Dilarang mengucapkan kata-kata kasar.
2. Dilarang mengucapkan kata-kata yang berbau Pornografi dan SARA.
3. Dilarang saling menghina user/pengguna yang berkomentar.
4. Diharapkan tidak berkomentar diluar topik atau Out Of Topic (OOT).
5. Dilarang keras melakukan promosi barang ataupun jasa. Teknoworld bukanlah Forum Jual Beli.
6. Dilarang menulis "LINK HIDUP" pada komentar.
6. Bila masih ada yang melanggar, maka komentar akan DIHAPUS

Teknoworld berhak untuk meninjau komentar yang masuk. Jika dinilai tidak layak dan tidak pantas, maka komentar akan DIHAPUS. Peraturan dapat berubah sewaktu-waktu

Kunjungi Teknoworld untuk mendapatkan update seputar berita teknologi.