Friday, April 4, 2014

Microsoft Rilis Windows 8.1 Update 1, Apa Fitur Barunya?

Windows 8.1 Update 1 (Foto: The Verge)
Teknoworld - Setelah bocoran-bocoran dari Windows 8.1 Update 1 bermunculan, Microsoft akhirnya merilis update untuk sistem operasi Windows 8.1 ini di konferensi Build di San Francisco, Amerika Serikat, Kamis (3/4/2014).

Update ini membawa sejumlah fitur baru dan beberapa perubahan seperti adanya title bar yang berada dibagian atas aplikasi Modern yang berfungsi untuk menutup dan melakukan berpindah aplikasi ke aplikasi lain yang sedang dibuka.

Follow Twitter Teknoworld @Teknoworld_ dan Like Facebook facebook.com/Teknoworldsite

"Sekarang kami memiliki sebuah title bar, orang merasa lebih nyaman menariknya," kata Sareen seperti yang diwartakan The Verge.

Update Windows 8.1 ini lebih ditujukan untuk keyboard dan mouse, hal ini dikarenakan masih banyaknya pengguna yang menggunakan keyboard dan mouse sebagai alat navigasi. Windows 8 dan Windows 8.1 sendiri sebenarnya lebih dioptimalkan untuk perangkat berbasis layar sentuh/touchscreen.

Microsoft juga menampilkan taskbar pada seluruh aplikasi baik desktop maupun aplikasi modern sehingga pengguna lebih dimudahkan untuk kembali ke desktop atau kembali ke aplikasi metro tanpa memindahkan kursor ke sudut kiri atas. Aplikasi Windows 8 juga dapat di pin ke taskbar.

Namun, Microsoft berencana untuk melakukan booting langsung ke desktop pada update ini jika pengguna Windows 8.1 yang tidak menggunakan layar sentuh. Microsoft juga telah bekerja sama dengan pembuat PC dan mengidentifikasi PC desktop dan notebook yang tidak menggunakan layar sentuh. Namun untuk tablet, pengguna masih akan boot ke Start Screen yang lebih ramah terhadap touchscreen.

Perubahan juga muncul pada start screen. Biasanya pada bagian kanan atas hanya muncul nama pemilik PC/tablet tersebut, namun pada update ini tombol shutdown dan search terdapat pada bagian ini. Pengguna tak perlu masuk ke charms bar lalu memilih setting dan power yang sedikit merepotkan. Namun pembaharuan ini tidak dapat ditemukan pada perangkat tablet.

"Nomor satu umpan balik (feedback) yang kami dapatkan adalah" Saya tidak tahu bagaimana untuk mematikan (shutdown) komputer saya,'" jelas Sareen.

Microsoft juga menampilkan pemberitahuan pada Start Screen untuk setiap aplikasi baru yang diinstal dari Windows Store. Selain itu, Microsoft juga merancang Windows 8.1 lebih ramah terhadap perangkat murah dengan mendukung RAM 1GB dan memori penyimpanan 16GB.

Update ini akan mulai dapat diunduh pengguna Windows 8.1 pada 8 April 2014 mendatang pada Windows Update namun nuntuk pengguna MSDN tak perlu menunggu lama karena update ini telah ada di website resmi MSDN.

Written by

Founder Teknoworld dan Author di WinPoin.com yang suka banget dengan info teknologi paling terbaru Mau tanya-tanya atau ngobrol? Cukup follow Twitter @indrakrisnadi

0 komentar:

Post a Comment

Peraturan Komentar:

1. Dilarang mengucapkan kata-kata kasar.
2. Dilarang mengucapkan kata-kata yang berbau Pornografi dan SARA.
3. Dilarang saling menghina user/pengguna yang berkomentar.
4. Diharapkan tidak berkomentar diluar topik atau Out Of Topic (OOT).
5. Dilarang keras melakukan promosi barang ataupun jasa. Teknoworld bukanlah Forum Jual Beli.
6. Dilarang menulis "LINK HIDUP" pada komentar.
6. Bila masih ada yang melanggar, maka komentar akan DIHAPUS

Teknoworld berhak untuk meninjau komentar yang masuk. Jika dinilai tidak layak dan tidak pantas, maka komentar akan DIHAPUS. Peraturan dapat berubah sewaktu-waktu

Kunjungi Teknoworld untuk mendapatkan update seputar berita teknologi.

© 2012-2015 Teknoworld | The Indonesian Tech Portal. All rights resevered |