Monday, July 2, 2012

Gmail Sukses Jadi Raja E-Mail Dunia

Logo Gmail (Foto: Google)
Teknoworld - Gmail berhasil menjadi raja dalam layanan e-mail global, bahkan telah mengalahkan layanan Email dari Microsoft, Hotmail. Pada Jumat (28/6/2012), Google mengumumkan bahwa Gmail telah memiliki 425 juta pengguna aktif bulanan.

Dirilis kali pertama pada tahun 2004, Gmail merupakan layanan e-mail termuda jika dibandingkan kompetitor kuat seperti Hotmail dari Microsoft dan Yahoo Mail.

Perkembangan Gmail memang signifikan jika dilihat dari data internal Google. Pada Januari 2012 lalu, Google mengumumkan ada 350 juta pengguna aktif bulanan di Gmail. Dengan ini, Gmail mengalami kenaikan jumlah pengguna mencapai 75 juta orang selama lebih kurang 5 bulan.

Pada Juli 2011, bulan ketika Hotmail merayakan ulang tahun ke-15, Microsoft mengumumkan bahwa Hotmail memiliki 360 juta pengguna unik per bulan. Hingga kini Microsoft belum merilis data resmi terbaru pengguna Hotmail, begitu pula dengan Yahoo.

Namun, jika melihat data dari pihak ketiga, jumlah pengguna Gmail belum menggeser posisi Hotmail dan Yahoo.

Perusahaan analis situs comScore menyebut bahwa Hotmail masih menempati tampuk kepemimpinan tertinggi untuk layanan e-mail dengan 325 juta pengunjung unik. 

Posisi kedua ditempati Yahoo dengan 298 juta pengguna, dan barulah Gmail membayang-bayangi di posisi ketiga dengan 289 juta pengguna.

Vice President comScore Andrew Lipsman mengatakan, data perusahaannya berdasarkan penghitungan terhadap pengunjung unik global "pengguna rumahan dan bisnis". 

Namun, comScore tidak menghitung penggunaan e-mail dari smartphone atau yang diakses dengan koneksi internet Wi-Fi di kafe, misalnya. "Ada beberapa pengguna yang memang tidak ikut dihitung," Lipsman mengakui.

Written by

Founder Teknoworld dan Author di WinPoin.com yang suka banget dengan info teknologi paling terbaru Mau tanya-tanya atau ngobrol? Cukup follow Twitter @indrakrisnadi

3 komentar:

  1. Mantep sob. Tapi tetep aja kalau saya kayaknya belum bisa tinggalin yahoo.

    ReplyDelete
  2. @File Professional: Saya juga susah tinggalin Yahoo, karena sudah biasa tampilan Yahoo. Apalagi saya suka Layanan Tanya Jawabnya, Yahoo! Answers

    ReplyDelete

Peraturan Komentar:

1. Dilarang mengucapkan kata-kata kasar.
2. Dilarang mengucapkan kata-kata yang berbau Pornografi dan SARA.
3. Dilarang saling menghina user/pengguna yang berkomentar.
4. Diharapkan tidak berkomentar diluar topik atau Out Of Topic (OOT).
5. Dilarang keras melakukan promosi barang ataupun jasa. Teknoworld bukanlah Forum Jual Beli.
6. Dilarang menulis "LINK HIDUP" pada komentar.
6. Bila masih ada yang melanggar, maka komentar akan DIHAPUS

Teknoworld berhak untuk meninjau komentar yang masuk. Jika dinilai tidak layak dan tidak pantas, maka komentar akan DIHAPUS. Peraturan dapat berubah sewaktu-waktu

Kunjungi Teknoworld untuk mendapatkan update seputar berita teknologi.

© 2012-2015 Teknoworld | The Indonesian Tech Portal. All rights resevered |