Wednesday, December 25, 2013

Bolt! Resmi Bisa Dipakai, Seberapa Cepat?

Perangkat mobile WiFi ZTE MF90 untuk mengakses layanan 4G LTE dari Bolt (Foto: Kompas)
Teknoworld - Pada November lalu, Internux resmi mengumumkan layanan 4G LTE yang dinamakan Bolt! dan sejak Selasa (24/12/2013) lalu resmi dapat digunakan oleh para pelanggannya. Seberapa cepatkah operator LTE pertama di Indonesia ini?

Dengan modem bundling ZTE MF90, Teknoworld melakukan ujicoba kecepatan atau speedtest disekitar kawasan Summarecon Bekasi, Kota Bekasi dengan kekuatan sinyal 2 bar pada Notebook dengan sistem operasi Windows 8.1.

Follow Twitter Teknoworld @Teknoworld_ dan Like Facebook facebook.com/Teknoworldsite


Sayangnya setelah hujan mengguyur Bekasi hingga petang ini, koneksi internet Bolt! melemah dan kekuatan sinyal hanya 1 bar saja.


Hasil speedtest Bolt! memang jauh dari apa yang Internux janjikan yaitu hingga 72Mbps yang juga terpampang jelas pada kartu perdana Bolt! namun perlu digaris bawahi bahwa kecepatan yang didapat sangat berbeda setiap lokasi/wilayah.

Sebagai informasi, Internux juga menyediakan bundling modem USB ZTE serta Router dari Huawei. Untuk pengisian pulsa, pelanggan prabayar Bolt! dapat mengisinya melalui ATM BCA atau secara online dari situs resmi Bolt!

Chief Technology Officer Internux Devid Gubiani mengatakan, jaringan 4G LTE Internux berjalan di pita frekuensi 2,3 GHz dengan menerapkan teknologi time division duplex long term evolution (TDD LTE). Di frekuensi tersebut, Internux menggunakan lebar pita 15 GHz untuk menggelar 4G LTE.

Layanan 4G LTE dari Internux ini telah mencangkup daerah Jabodetabek. Internux juga menyewa menara BTS dari lima penyedia, yaitu Daya Mitra Telekomunikasi (Mitratel), Iforte, Protelindo, Solusi Tunas Pratama (STP), dan Tower Bersama Group (TBG).

Paket prabayar Bolt! yang telah dibundling dengan modem mobile WiFi ZTE MF90 dijual seharga Rp 299.000 yang telah tersedia di Oke Shop, Global Teleshop, Erafone, Bolt! Zone serta di outlet lainnya.

Written by

Founder Teknoworld dan Author di WinPoin.com yang suka banget dengan info teknologi paling terbaru Mau tanya-tanya atau ngobrol? Cukup follow Twitter @indrakrisnadi

49 komentar:

  1. Gilak! Cepet amat, download nya sampek 8 MB/s :D Kira-kira telkomsel kapan nyusul yak ? Saya pengguna telkomsel soalnya hehee :D

    ReplyDelete
  2. @Dewa Gama: Masih harus menunggu, kabarnya tahun depan LTE sudah siap dijalankan di Indonesia.

    ReplyDelete
  3. Sebelum saya beli bolt, saya cek coverage nya ada di tempat tinggal saya, di daerah kebon jeruk, jakarta barat. Tapi setelah saya beli, ternyata kecepatannya hanya sekitar 1000-2000 kbps. Katanya masih kekurangan BTS ?? Mohon ditanggapi

    ReplyDelete
  4. @anton S: Untuk pertanyaan mengenai masalah kecepatan dan coverage Bolt sebaiknya langsung ditanyakan ke pihak Bolt melalui akun Twitter resminya di @BOLTSUPER4G.

    ReplyDelete
  5. Kartu perdana bolt di guna utk android/smart phone? ??

    ReplyDelete
  6. @Hendrik Saragih: Bolt! bisa digunakan pada ponsel apapun dengan dukungan teknologi LTE difrekuensi 2300MHz, selain itu tidak bisa. Perlu diketahui juga, Bolt! tidak bisa digunakan untuk telepon dan SMS.

    ReplyDelete
  7. Berarti samsung ku bsa dong
    1.trus gan harga kartu perdananya berapa?
    2.trus kalo beli pulsa bolt di konter2 pulsa udh ada blom?
    3.kalo cara berlangganan paket yg 25ribu itu gimana ?
    Tolong di jawab ya 3 pertanyaan saya

    ReplyDelete
  8. @Ridwan Obito: Semua ponsel dengan jaringan LTE dengan frekuensi 2300MHz dapat dipasang kartu Bolt namun selain itu harus menggunakan MiFi Bolt ini. Untuk pulsa, sudah tersedia di ATM BCA, ATM Bersama dan outlet 7-11. Untuk harga kartu perdana dan cara berlangganan bisa ditanyakan kepada pihak Bolt.

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1.yhhh berarti kalo beli pulsa bolt harus di ATM dong ? Emang nya gk ada y gan yg jual pulsa bolt di konter pulsa bolt nya

      2. Emang bener yh gan kalo di bolt itu ada paket 25ribu per bulan

      Delete
  9. 3.Gan hp saya sampung young 2 versi jelly bean kira2 bsa pke kartu boltgk yh???
    Tolong y gan jawan 3pertanyaan saya

    ReplyDelete
  10. @Ridwan Obito: Sampai saat ini belum ada, mungkin nantinya akan ada. Ya, ada paket Bolt! 25 ribu dengan kuota 2GB. Galaxy Young harus membeli modem Mifi Bolt (seperti yang ada pada gambar diatas) untuk dapat mengakses internet Bolt! tapi perlu diketahui juga bahwa Bolt! tidak dapat digunakan untuk Telepon dan SMS karena Bolt! hanya memiliki izin untuk layanan data saja.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waduh min makasihya udh ngejawab pertanyaan saya
      Min saya punya 1 pertanyaan lgi
      1 emang cara liat frekuensi jaringan di hp gimana?
      Kok hp saya versi jelly bean kata mimin gk bsa make kartu bolt

      Delete
  11. @Ridwan Obito: Yang pertama, lihat dahulu apakah sudah ada teknologi LTE belum di ponsel, lalu jika sudah ada cek frekuensinya yang ia dukung (bisa membuka situs resmi ponsel yang digunakan atau GSMArena,com untuk spesifikasi yang lebih detailnya). Saat ini sulit mencari ponsel LTE yang dapat berjalan di frekuensi 2300MHz.

    ReplyDelete
  12. Saya ingin nanya, apakah bolt bisa di jalankan pada hp yg frekuensinya 2600MHz? Atau kah hanya di 2300MHz saja? Sayang kurang mengerti

    ReplyDelete
  13. @Ryo Saputra: Hanya di 2300MHz saja, Bolt tidak bisa dipakai di HP/Gadget yang tidak memiliki frekuensi 2300MHz.

    ReplyDelete
  14. Gan saya mau tanya, apakah kartu bolt bisa di pakai di iphone 5s. Secara di ios terbaru ios 8 ada settingan untuk aktifkan LTE, apakah berfungsi dengan kartu bolt?

    ReplyDelete
  15. @Rizky Nurfirmansyah Kiki: Ada iPhone 5S yang mendukung frekuensi LTE yang dipakai Bolt (2300MHz) yaitu iPhone 5S model A1530. Untuk mengetahui apakah iPhone 5S yang dipakai adalah model A1530 atau bukan, bisa dilihat dibagian belakang ponsel.

    ReplyDelete
  16. Sudah saya coba mas, ternyata tidak bisa, noservice, dan terlanjur sudah jadi nano simcard ��
    thx

    ReplyDelete
  17. @Rizky Nurfirmansyah Kiki: Bisa jadi karena modelnya yang berbeda. Sama-sama..

    ReplyDelete
  18. Misi min,kalo samsung galaxy s4 bisa ga min ?
    Soalnya kalo di mf90 ceper bgt panas nya
    Makasi

    ReplyDelete
  19. @Nizar Luthfi: Sayangnya Galaxy S4 belum mendukung LTE difrekuensi yang dipakai oleh Bolt yaitu 2300MHz. Frekuensi ini memang jarang dipakai pada gadget-gadget yang mempunyai koneksi LTE.

    ReplyDelete
  20. Mohon bantuannya Min..
    saya pake galaxy note 4 Singapore Edition (N910G). Nah kalo merujuk ke GSM Arena dan Samsung SG, HP ane seharusnya mendukung TDD 2300MHz (Band 40). Tapi waktu dicoba kok Bolt ane nggak kedetect alias no service ya? Barangkali ada trik ngoprek biar Bolt bisa dipakai di HP ane gan? thx before...

    ReplyDelete
  21. @Siro Andro: Seharusnya bisa, sebab Bolt memakai TDD LTE, frekuensi 2300MHz, dan Band 40. Sebaiknya tanyakan kepada pihak Bolt untuk konfigurasinya.

    ReplyDelete
  22. Ada yg sdh coba di xiaomi redmi note 4g?...

    ReplyDelete
  23. Mau tanya dong kalau di pakai di asus zenfone 5 bisa gak yah..mksh

    ReplyDelete
  24. @Hendra Lagy: Kalau mau dicoba, seharusnya bisa sebab Redmi Note 4G mendukung frekuensi Bolt di TDD LTE 2300Mhz.

    @Kang Adjat: Sayangnya belum bisa.

    ReplyDelete
  25. kalo dipakai di note 3 korea dibelakang hp ada tulisan 100% Lte apakah bisa min ?

    ReplyDelete
  26. @Dens Azizudin: Memang ada Note 3 yang mendukung LTE dan cara mengetahuinya dari nomor modelnya. Tapi kalau ada tulisan 100% LTE, ini meragukan karena Samsung sendiri tidak pernah menempelkan tulisan itu dibagian belakangnya, yang ada hanya LTE saja (itupun di Note 3 tertentu) dan tanpa kata 100%.

    ReplyDelete
  27. Dear Admin

    Apakah kartu Perdana Bolt bisa di pasang di Microsoft Lumia 535 Dual SIM

    Dual SIM GSM 2G (850/900/1800/1900 MHz), 3G (900/2100 MHz) - GPRS, EDGE, HSDPA, LTE

    Mohon Pencerahanya

    terima kasih

    ReplyDelete
  28. Saya rasa hp yg sudah lte 2300Mhz keatas tidak akan bisa pk bolt krn sudah ada setingan khusus. Jd intinya tunggu sampai ada yg bisa hack. Kl g mw nunggu tgl beli hp bolt aja gan...xixixix

    ReplyDelete
  29. @Sutris KAHA Wholesaler: Tidak bisa. Lumia 535 tidak support koneksi LTE.

    @Addi Wibowo: Memang, hanya sedikit device yang support TDD LTE 2300MHz, dimana frekuensi dan teknologi itu dipaaki Bolt. Lebih banyak device support LTE dengan jenis FDD.

    ReplyDelete
  30. mungkin yang dimaksud di kartu perdana adalah 72 Megabit, bukan 72 MegaByte. Kalo memeang benar seperti itu, maka layanan Bolt! berdasarkan speedtest di atas sudah lumayan memuaskan, karena 8.85 MegaByte/s = 70.8 Megabit/s. Mendekati 72 Mbps seperti yang dijanjikan.

    ReplyDelete
  31. admin bisa digunakan di oppo find 5 mini. kartu boltnya

    ReplyDelete
  32. @Moses Siagian: Oppo Find 5 belum support 4G LTE jadi enggak bisa pakai kartu Bolt

    ReplyDelete
  33. Admin, kalo di hp lenovo A6000 gimana bisa gk ya pke bolt ???,katanya udd support dfrekuensi 1800Mhz & 2300Mhz..??
    Mohon djawab donk hee :D

    ReplyDelete
  34. @Asep Hamdan: Kabarnya bisa namun dengan cara ini:

    - Dial *#*#4636#*#*
    - Tap phone information
    - Tap radio info
    - Set network feature pilih (NETWORK MODE LTE)
    - Set preferred network type (LTE only)
    - Lalu tap Turn off Radio
    - Lalu tap Turn on radio
    - Keluar dari menu lalu ke Settings
    - Pilih Mobile data
    - Pilih APN dan isi nama APN dengan internet

    ReplyDelete
  35. Kalau di handphone xiaomi redmi 2 bisa gak gan ??
    Mohon dijawab 😁😀

    ReplyDelete
  36. klo hp xiaomi redmi note 4g dual sim/gucci kira2 bisa pakai kartu bolt 4g gak

    ReplyDelete
  37. @Ricki Lesmana: Redmi 2 yang dijual di Indonesia belum support frekuensinya Bolt, tapi kabarnya untuk versi China Mobile bisa memakai Bolt karena sama frekuensinya, tapi hanya dijual di Tiongkok

    @Akhyar Fatah: Sayangnya belum bisa.. :)

    ReplyDelete
  38. Kalo samsung galaxy s4 bisa ga ya pake kartu perdana bolt? Udah nanya di akun twitter bolt tapi gada respon.

    ReplyDelete
  39. Min mo tanya klo S6 ktanya kan support LTE pake bolt bisa ga ya

    ReplyDelete
  40. Min mo tanya klo S6 ktanya kan support LTE pake bolt bisa ga ya

    ReplyDelete
  41. Min saya udah coba paki kartu bolt di iphone 5s model A1530. Tapi tetap gak bisa. Tetap tidak ada layanan
    Mungkin ada cara" ny ya min
    Mohon kejelasannya min. Thanks

    ReplyDelete
  42. Om kartu perdana bolt bs gak di pake di hp asus zen 2 yg udah 4g LTE?? Thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. http://www.andronod.com/2015/06/cara-mudah-seting-kartu-bolt-di-android.html?m=1

      Delete
  43. perdana bolt bisa di pakai untuk hp samsung juga?

    ReplyDelete

Peraturan Komentar:

1. Dilarang mengucapkan kata-kata kasar.
2. Dilarang mengucapkan kata-kata yang berbau Pornografi dan SARA.
3. Dilarang saling menghina user/pengguna yang berkomentar.
4. Diharapkan tidak berkomentar diluar topik atau Out Of Topic (OOT).
5. Dilarang keras melakukan promosi barang ataupun jasa. Teknoworld bukanlah Forum Jual Beli.
6. Dilarang menulis "LINK HIDUP" pada komentar.
6. Bila masih ada yang melanggar, maka komentar akan DIHAPUS

Teknoworld berhak untuk meninjau komentar yang masuk. Jika dinilai tidak layak dan tidak pantas, maka komentar akan DIHAPUS. Peraturan dapat berubah sewaktu-waktu

Kunjungi Teknoworld untuk mendapatkan update seputar berita teknologi.

© 2012-2015 Teknoworld | The Indonesian Tech Portal. All rights resevered |