Wednesday, May 25, 2016

Berbagai Cara Berkomunikasi lewat Internet dan Web

Ilustrasi
Web adalah bagian dari internet. Dengan web, banyak orang merasa lebih mudah ketika tengah melakukan pekerjaan. Dengan web juga, banyak orang yang merasakan kemudahan dalam berkomunikasi.

Web memang sangat berguna dalam berkomunikasi. Karena dengan internet, proses komunikasi pun bisa berlangsung cepat, murah, dan bisa diakses dimana saja.
Apa saja itu?

1. E-Mail
Ilustrasi E-mail

E-mail sangat berguna untuk mengirimkan surat dengan bantuan teknologi internet kepada orang atau lembaga/instansi yang dituju. Surat elektronik ini tentunya punya kelebihan, yakni bisa mengirimkan file atau yang sering disebut attachment kedalam e-mail.

Saat ini, e-mail bagaikan paspor. Karena dengan e-mail, orang bisa mengakses berbagai layanan apapun yang ada di internet. Ada berbagai layanan e-mail yang ada di dunia saat ini, yang terkenal ialah Gmail dari Google, Yahoo, dan Outlook dari Microsoft.

2. Forum dan Blog

Kaskus, forum diskusi paling terbesar di Indonesia
Banyak sekali website forum dan blog yang saat ini ada. Keduanya, menjadi sarana komunikasi yang cukup mudah untuk berinteraksi. Pada forum, kita akan dimudahkan dengan tersedianya berbagai forum yang sesuai dengan minat kita, misalnya otomotif, pecinta hewan, teknologi, ataupun olahraga. Forum yang ada ini pun tidak harus bertatap muka secara langsung dengan masing-masing anggota berkat adanya teknologi.

Sedangkan blog, komunikasi antara penulis dengan pembaca baru bisa terjadi ketika pembaca mengirimkan komentar terhadap tulisan yang dibuat oleh penulis. Penulis pun bisa membalas komentar tersebut. Namun, rata-rata, konten blog sendiri berisi tentang hal-hal yang dialami oleh penulis.

Salah satu forum yang terkenal adalah Kaskus. Forum dan Blog sendiri lahir sejak adanya Web 2.0 yang mengubah internet menjadi sarana komunikasi interaktif, terlebih keduanya bisa memasukan emoji yang berfungsi untuk menyatakan perasaan dari penulis.

3. Media Sosial

Facebook
Media sosial lahir sebagai sarana komunikasi yang memudahkan seseorang untuk berinteraksi dengan teman, keluarga, ataupun orang lain dalam suatu website. Di sosial media, pengguna bisa menjadi lebih eksis dengan jumlah teman yang banyak, dan postingan yang dikirimkan.

Media juga bisa menjadi tempat curhat layaknya blog. Sosial media yang ada, kini juga memiliki banyak fitur-fitur seperti mengirim foto/video, mengirim file, hingga lokasi kepada orang lain.

Media sosial yang terkenal saat ini diantaranya ialah Facebook, Twitter, dan Instagram

4. Chatting dan Telepon Internet
Layanan chatting dan VoIP dari BBM
Chatting sangat berguna untuk mengirimkan pesan berbasis teks kepada orang yang kita inginkan. Bahkan, jika dulu hanya bisa teks saja, kini Chatting juga bisa untuk mengirim gambar, video, file, lokasi, hingga pesan suara. Berbagai layanan chatting juga dilengkapi dengan emoticon dan juga sticker yang membuat percakapan terasa lebih hidup. Pesan lewat chatting ini juga dapat dikirim lebih cepat (tergantung koneksi internet yang ada) dan bisa diterima saat itu juga.

Sementara Telepon Internet adalah sebuah layanan berbasis suara yang memanfaatkan jalur internet. Keunggulannya sendiri membuat biaya telepon jauh lebih murah jika dibandingkan dengan telepon selular ataupun line telepon serta suara lebih bersih dan jernih. Selain itu, kini telepon internet atau VoIP (Voice Over Internet Protocol) sudah memasuki era video call dan conference call sehingga bisa saling bertatap wajah.

Layanan chatting yang terkenal saat ini diantaranya ialah WhatsApp, LINE, dan BlackBerry Messenger (BBM). Sedangkan untuk VoIP, diantaranya adalah Skype ataupun Google Hangout. Layanan sosial media Facebook juga memiliki kedua fitur ini, sehingga lebih dari sekedar sosial media saja.

Nah, itu tadi komunikasi yang bisa dilakukan dengan adanya web serta internet yang sangat berguna dan memudahkan seseorang untuk berinteraksi.

No comments:

Post a Comment

Peraturan Komentar:

1. Dilarang mengucapkan kata-kata kasar.
2. Dilarang mengucapkan kata-kata yang berbau Pornografi dan SARA.
3. Dilarang saling menghina user/pengguna yang berkomentar.
4. Diharapkan tidak berkomentar diluar topik atau Out Of Topic (OOT).
5. Dilarang keras melakukan promosi barang ataupun jasa. Teknoworld bukanlah Forum Jual Beli.
6. Dilarang menulis "LINK HIDUP" pada komentar.
6. Bila masih ada yang melanggar, maka komentar akan DIHAPUS

Teknoworld berhak untuk meninjau komentar yang masuk. Jika dinilai tidak layak dan tidak pantas, maka komentar akan DIHAPUS. Peraturan dapat berubah sewaktu-waktu

Kunjungi Teknoworld untuk mendapatkan update seputar berita teknologi.